inti khusyu itu sadar Allah

banyak orang mengira khusyu itu memerlukan ilmu yang tinggi dan memerlukan latihan yang serius, padahal tidak karena wilayah khusyu ada pada kesadaran kita, yaitu kesadaran bahwa Allah itu ada. dalam albaqarah 45 46 sudah sangat jelas bahwa orang yang khusyu itu adalah orang yang bertemu Allah (sadar) dan kembali kepada Allah (berserah). makna bertemu seringkali diartikan ketika kita sudah mati padahal dalam wilayah sadar, kita bisa bertemu saat ini dan disini sekali lagi dalam wilayah kesadaran.

jadi khusyu itu sangat mudah asal kita bisa menyadari bahwa Allah itu ada dan dekat dengan kita. praktisnya adalah ketika sholat dari mulai takbir hingga salam kita selalu menggunakan kesadaran kita bahwa Allah itu dekat. dengan menyadari bahwa allah dekat dan kita berserah kepada Allah di saat sholat maka sholat sudah dianggap khusyu sesuai dengan kriteria al baqoroh ayat 45 dan 46.

sekarang tinggal diri kita bersedia tidak kalau sholat kita ini sadar akan Allah, atau mau tidak kita menggunakan kesadaran kita selama sholat, jika ya dan anda menjalankan saya mengucapkan selamat karena sholat anda khusyu dan semoga allah menerima sholat kita.. jika kita tidak bersedia sadar akan Allah selama sholat maka saya merujuk surat al maun ayat 4 “maka celakalah orang yang sholat yaitu orang yang lupa…..”

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “inti khusyu itu sadar Allah

  1. bagaimana kondisi sholat seseorang yg dalam keadaan takut,terancam,atau dalam keadaan perang?apakah bisa khusyuk sembari waspada terhadap keadaan sekitar?seperti jika kt sedang sholat di masjid,lalu datang orang meminta tolong dalam keadaan darurat,apakah kt hrs meneruskan sholat atau menghentikan sholat untuk menolong?terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *