islam adalah agama spiritual

seringkali orang membedakan antara agama dan spiritual, padahal sebenarnya islam adalah agama spiritual, atau agama yang mengedapankan spiritualitas dibanding fiqh, meski fiqh merupakan pilar penting dalam islam. Spiritualitas islam ditunjukkan dengan 3 pilar utama dalam islam yang pertama adalah islam, kedua adalah iman, dan yang ketiga adalah ihsan. islam merupakan hukum hukum islam, tata cara islam secara lahir sedangkan 2 terakhir yaitu iman dan ihsan merupakan tata cara spiritual dalam islam. bahkan dalam islam, seorang muslim yang hanya menjalankan fiqh saja tidak akan diterima oleh Allah. Seorang muslim dalam menjalankan agama harus menggunakan iman dan ihsan sehingga benar benar fiqh atau syariat dapat diterima Allah.

Spiritualitas islam sangat berbeda dengan spiritualitas agama lain. satu hal yang membuat berbeda adalah karena spiritualitas islam memiliki objek yang tidak dapat dipikirkan, tidak dapat dibayangkan dan tidak dapat dipersepsikan. Allah sebagai objek spiritualitas islam memiliki unsur yang tidak dapat dipikirkan sehingga tidak bisa menjadi objek konsentrasi ketika seorang muslim menjalankan sholat atau dzikir. hal ini tentunya berbeda dengan agama lain yang tuhannya sangat jelas terlihat oleh mata misalnya budha dimana tuhannya adalah patung, kristen objek nya dapat terlihat yaitu salib atau foto dari yesus.

islam sangat mementingkan spiritualitas, sehingga islam adalah agama spiritual, bukan agama institusi, atau agama lembaga tapi islam adalah agama spiritual

2 thoughts on “islam adalah agama spiritual

  1. Assalamu’alaikum pak!

    Mengenai Iman – ilmunya tauhid, Islam – ilmunya syariah, Ihsan – ilmunya tasawuf

    bukankah begitu tho pak Pur! jadi janganlah mudah mengatakan tasawuf itu bid’ah yang sesat!

    Selamat berjuang pak!

    Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *