Islam liberal VS liberasi Islam

mencuatnya islam liberal dalam kancah keislaman di indonesia menimbulkan satu pro kontra yang berakhir pada ujung sesat dan tidak sesat. namun sebagian masih sangat alergi dengan istilah islam liberal, meski bagi sebagian kaum islam yang sangat pro tetap masih kukuh bahwa islam harus di liberalkan. efek islam liberal ini memunculkan istilah istilah lain yang turut menyemarakkan semangat berislam salah satunya adalah islam nusantara, munculnya islam nusantara ini tentunya juga menimbulkan hawa panas kaum islam yang sejak lama kontra dengan islam liberal.

namun, ada istilah lain yang tidak serupa dan tidak sama, tapi dari akar kata yang sama yaitu liberal, yaitu liberasi. Ternyata setelah di kaji memang ada perbedaan antara liberasi islam dan islam liberal. Liberasi islam adalah pembebasan islam, sedangkan islam liberal islam yang bebas, tapi saya kira, karena ini masih menjadi istilah maka perlu tabayun dengan yang memaki istilah tersebut, sebab bisa jadi antara maksud dengan arti tulisan berbeda. Bisa jadi kita menuduh bahwa islam liberal itu islam yang tidak mau di atur, tapi bisa jadi tidak demikian. karena kadang istilah di gunakan untuk mencari sensasi agar mendapatkan perhatian publik.

baiklah sekarang saya akan menulis sesuai dengan apa yang saya pikirkan saja bukan yang sedang anda pikirkan atau dipikirkan orang lain.

Islam liberal saya kira sama saja dengan liberasi islam dalam hal makna, bukan dari arti bahasa. Sebab keduanya menggunakan kata islam, dimana islam  secara inplisit membawa aturan aturan yang wajib diikuti. Pembawa islam liberal adalah orang islam dan pembawa liberasi islam juga orang islam, bukan orang diluar islam, sehingga keduanya memiliki tujuan yang positif terjadap pengembangan islam dan perbaikan islam. Kecuali kalau keduanya itu yang membawa orang orang non islam tentunya lain.

pada intinya begini, bahwa baik islam liberal maupun liberasi islam, keduanya memiliki makna perjuangan untuk menjadikan islam yang berkemajuan, tidak kaku dengan pendapat pendapat namun tetap berpegang teguh kepada quran dan sunah.

sebagai catatan saja, bahwa islam liberal di populerkan oleh Ulil Abshor yang notebene adalah orang NU, sedangkan liberasi islam banyak menjadi jargon muhammadiyah terutamanya di Univeristas Muhammadiyah surakarta dengan jargon UNiversitasnya : Humanisasi, librasi dan transendensi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.