I’tikaf amal ibadah yang berupa "diam"

silent is gold… ternyata diam ini banyak sekali dalam islam namun kurang mendapatkan perhatian yang baik dari para muslimin. diam suatu amalan yang ternyata terdapat di dalam mayoritas ritual islam. di dalam sholat ada tumakninah salah satu bentuknya adalah diam, haji juga ketika tawaf ada unsur diam, dan lain lain. di dalam bulan ramadhan ini juga banyak amal ibadah yang banyak ditinggalkan yaitu DIAM. padahal rasulullah sudah mencontohkan ketika di gua hira .. rasulullah tidak melakukan apa apa kecuali hanya diam dalam diam inilah beliau menerima wahyu Al Quran yang pertama.
saat ramadhan aktivitas ibadah terfokus pada perbuatan fisik seperti membaca Al Quran, berdzikir dengan mengucap lafadz dengan jumlah tertentu, sholat dengan rakaat yang sangat banyak… dst. pada hal dalam puasa kita sebaiknya belajar masuk kedalam jiwa dan ruh kita, dengan apa, yang dengan diam. dengan diam inilah kita lebih mudah untuk memasuki dunia internal kita untuk kita sadarkan kembali mengarah ke allah.
diam adalah fisiknya namun secara nonfisik yaitu ruh terus mengarah ke allah atau berserah kepada allah . untuk melakukan pekerjaan ruhani ini tentunya akan lebih baik jika tidak ada aktivitas fisik seperti membaca atau bergerak. maka masukkanlah amaliah ibadah diam ini pada saat di luar amaliah rutin lainnya, seperti sholat, dikir dan membaca quran. so.. amaliah diam ini tidak mengurangi amaliah ibadah yang sudah ada.
nama amaliah ibadah diam ini yang pas adalah i’tikaf yaitu bentuk diam di dalam masjid atau tempat khusus lainya, diam bukan tafakur.. bila tafakur berarti masih berfikir. diam yang pas adalah sadar allah atau berserah diri kepada allah. kalau berfikir masih ada aktivitas yang berupa aktivitas pikiran, itikaf adalah benar benar diam. diam juga bukan melakukan wirid atau baca quran pokoknya diam ya diam tidak ada aktivitas fisik termasuk otak, sekali lagi diamnya adalah berserah diri kepada allah.

4 thoughts on “I’tikaf amal ibadah yang berupa "diam"

  1. bagaimana caranya pak….? apa ada otak manusia tidak memikirkan apa-apa hatta ketika diam dalam diam..?

  2. ya otak tetap bekerja.. coba jika ibu psarah sama Allah.. pikiran hati jiwa ruh pasti bekerja semua… itulah diamnya menyadari dan mencari posisi ruh untuk kembali kepada allah… maaf ini mungkin perlu dilatihkan, sebab jika diteorikan seperti ini kadang malah bikin bingung, karena sebenarnya ilmu ini memang ilmu laku/praktek… kapan kapan kita praktekan ya bu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *