JAMNAS Jambore Nasional Revolusi Mental Revolusi Spiritual

 

Revolusi mental yang dicanangkan Pak Jokowi sebenarnya tidak terlepas dari program beliau sejak awal di sewaktu menjabat di kota solo. Kita pasti sangat ingat dengan program beliau yaitu “SOLO THE SPIRIT OF JAVA” dan program ini pun sampai sekarang masih menjasi ikon di kota solo.

Benar sekali dengan program dari pak Jokowi bahwa spirit atau spiritual central dari revolusi mental , secanggih apapun teknologi, setingi apapun tingkat ekonomi dan pendidikan jika spiritualitas tidak mengalami revolusi nantinya akan menjadi masalah utama di indonesia. Revolusi spiritual saya kira menjadi dasar dari revolusi mental. dari spiritual ini lah secara otomatis akan terupgrade seluruh emntal baik emosi, kognisi atau konasinya.

perubahan spiritual nyata dalam masyarkat terutama masyarakat beragama harus menjadi perhatian utama. Sebab agamalah yang paling dekat, paling mudah menjadi alat pemerintah untuk meru\evolusi spiritual yang nantinya dapat merevolusi mental. Kenyatan sekarang agama hanya menjadi kegiatan ritual minus spritual menyebabkan agama menjadi alat kekerasan, alat perpecahan dan bahkan alat pembodohan umat dan lebih parah lagi alat yang dapat  menurunkan mental kebangsaan.

Revolusi spiritual yang saya ajukan dalam rangkan revolusi mental ini berupa kesadaran akan Tuhan, kesadaran melibatkan Tuhan dalam keseharian kita. terutama sekali kesadaran kita menjalankan ritual keagamaan, yang mana nanti implementasinya kebersaman dengan Tuhan dalam keseharian. Dengan kesadaran ini maka semangat untuk kerja semangat untuk saling memberi manfaat akan muncul dalam masyarakat. Semangat untuk maju semangat untuk inovasi akan terbentuk. kalau sudah begini maka tinggal tunggu waktu saja untuk indonesia maju indonesia menjadi negara jaya… sukses pak Jokowi, sukses rakyat indonesia dan sukses untuk kita semua

 

Penulis adalah pencetus Gerakan Sadar Allah (GSA), penulis buku DZIKIR NAFAS, Mengkhusyui Ramadhan, dan shalat khusyu.

Saat ini menjadi dosen di fakultas psikologi konsentrasi pada Psikologi islam dan pengembangan karakter islam.

saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologi Fakultas psikologi IMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *