(jangan dibaca) khusus untuk yang menjalani wirid "thoriqoh" saja

Amaliah thoriqoh atau tarekat adalah amaliah dzikir yang diturunkan dari guru atau mursyid satu ke mursyid berikutnya. setiap murid yang mengikuti aliran tarekat tertentu mesti ada hadiah fatihah buat sang guru dan sesama murid seperguruan. maka amaliah ini sebenarnya memiliki kandungan yang sangat dalam bila kita tinjau dari segi silaturahmi ruhani. dimana sang murid betul betul menghargai sang guru, dan guru pun mengasihi murid. hubungan yang seperti akan menimbulkan sebuah kekuatan yang luar biasa karena hubungan batiniah dan ruhaniah antara satu dengan yang lain selalu terkait. hadiah fatihah untuk sang mursyid dalam setiap menjalankan amaliah dapat menjadi penghubung batiniah.. jadi pada saat membaca fatihah coba sambungkan diri dengan guru yang dihadiahi fatihah. kesambungan ini akan menimbulkan suasana hati yang berbeda jika dilakukan dengan benar. biasanya suasana hati yang muncul adalah rasa keimanan yang bertambah kepada allah, dan perasaan seperti ada daya dorong yang kuat tergantung dari atsar dari guru mursyidnya. kesambungan dengan guru ini seperti kesambungan antara anak dengan orang tua karena ada kesamaan sambungan yaitu kasih sayang. kasih sayang adalah kesambungan yang paling kuat ibarat kabel adalah kabel yang sangat kuat yang bisa menjadi penghantar tegangan.
menjalani thoriqoh tanpa ada kesambungan kepada para mursyid tidak akan memiliki daya yang kuat karena tipikal dari amalan tarekat adalah terletak di kesambungan ini. coba saja.. ketika menjalankan amalan sekedar dibaca saja maka tidak akan dampak yang dapat dirasakan. banyak mantan patrapis yang alumni tarekat… mereka katakan bahwa amalan yang dijalankan tidak memiliki dampak apa apa… ya wajar saja.. karena mereka tidak benar benar menyambungkan hati mereka kepada mursyid tarekatnya.
para pengikut tarekat memang sangat akrab sekali dan sangat kental sekali dengan apa yang dinamakan dengan washilah.. atau perantara.. siapa perantaranya ya para guru mursyid tersebut. menggunakan washilah ini ada sisi manfaatnya dan ada sisi bahayanya. manfaatnya adalah dengan menyambungkan hati kepada guru maka proses transfer spiritual power lebih mudah dilakukan namun bahayanya adalah jika sang murid tidak mau lepas… ada semacam ketergantungan, model ketergantungan yang bukan kepada allah namun kepada gurunya. inilah bahayanya … mursyid menjadi hijab bagi para muridnya…
so… jalan tengah.. manfaatkan guru mursyid namun setelah itu… langsung saja ke allah … jangan terbelenggu oleh guru mursyid itu sendiri. kasihan para guru mursyid karena dibebani oleh para muridnya.. seharusnya kalau beliau beliau sudah menghantarkan maka giliran kita untuk membantu beliau mendoakan beliau…

40 thoughts on “(jangan dibaca) khusus untuk yang menjalani wirid "thoriqoh" saja

  1. assalamualaikum wrwb

    salam kenal mas, anda luar biasa..banyak inspirasi yang saya dapat di blog anda…..

    untuk masalah mursyid menurut saya Beliau kan hanya ALAT aja tho mas… alatnya Gusti Allah SWT untuk membantu perjuangan kanjeng nabi Muhammad SAW, dan menunjukan arah ke Gusti Allah sendiri, dengan cara Kanjeng Nabi sehinga saya ndak kebingungan saking banyaknya cara yang berbeda…itu menurut saya lho mas…
    Jadi ya mursyid sangat saya perlukan….wong itu fasilitasnya Gusti Allah untuk saya..

    matursembahnuwun
    Wassalamualaikum wrwb

    • Antara manusia dg Gusti Alloh tdk ada hijab/penghalang. Kalo mau konek ya langsung aja.. Kalo ada penghalang, itu manusia sendiri yg berpikir dan membuat seperti itu.. So.. zikir adalah memujinya LANGSUNG…
      Kalo kanjeng Nabi SAW dituntun oleh Malaikat Jibril yg ditunjuk Gusti Alloh sbg penyampai wahyu. Ke-WAHYU-an skrg sdh selesai.. ajaran sdh komplit.. ikuti saja bgmn Kanjeng Nabi berprilaku.. ibadah, muamalah, akhlak, dsb… insya4JJI SELAMAT… itulah ISLAM (Menyerah,Selamat)…. yg berasal dari Kanjeng Nabi SAW.
      Matur Nuwun….

  2. AssWW Mas, salam kenal.
    Saya tidak sengaja ketemu dengan blog ini. Semoga Allah memberikan rahmat kepada Mas Setiyo dan keluarga.

    Nuwunsewu, kalau boleh saya memberikan sedikit pandangan pribadi sbb:
    Mursyid menurut pendapat saya, BUKANLAH perantara, tetapi dia adalah semacam “media” yang menghubungkan kita kepada Allah secara LANGSUNG.

    Misalnya, saya berKOMENTAR sekarang ini melalui weblog, saya LANGSUNG berkomentar kepada Mas Setiyo. Mursyidnya adalah INTERNET.
    Dapat juga saya katakan, INTERNET adalah WASILAH saya berhubungan dengan mas Setiyo. Saya tetap LANGSUNG berhubungan dengan Mas Setiyo.

    Pada jaman Rasul, Mursyid juga “ada”, yaitu yang digambarkan sebagai BAURAK (dia bukanlah “hewan bersayap”, tapi gambaran sesuatu yg “cepat” dapat “menghantarkan” kepada Allah SWT).

    Tariqoh yang saya pahami, berasal langsung dari jalur Syeh Ali Ridho, Mekkah (agak berbeda dengan yang di pulau Jawa selama ini).

    WassWW,
    Matur Nuwun….

  3. iya setuju mas adhi, semua selain allah adalah bukan tujuan kita, bisa jadi cuma pengantar saja.
    salam

  4. kalau orng bisa langsung sendiri berangkat menuju allah ya silakan tp bagi orng seperti sy ini kalau gak mintak bantuan orng yg sudah benar2 tau allah gemana ya?takut kemungkinan sy sala jalan menuju ke allah makany sy butuh baget dgn adany mursyid itu.

  5. ya yang penting tujuannya ke allah pak, mau pakai mursyid atau tidak terserah, tergantung tingkat keyakinannya masing masing.

  6. Ya emang benar semua orng islam gk ada yg mau menggatakan tujuanya bukan allah semua yg kuasa ya allah tp2 gk semua orng yg tau allah mungkn jg seperti sya ini yg bisa hanya kata2 saja allah2&allah tp gk tau siapa yg dblang allah/yg kuasa/esa itu.

  7. lha kan sudah syahadat pak.. kita sholat tujuannya ke allah, ibadah semua tujuannya allah. Allah itu ya Allah pak… datang ke allah dengan ketidak tahuan kita. justru bapak ini benar tidak tahu allah… datang dengan ketidak tahuan.

  8. Sebelum saya beri komen disini saya ingin bertanya sama yg punya blog APAKAH KOMEN YG MASUK AKAN SAMPEAN POSTKAN SEMUANYA ATAU SAMPEAN PILIH-PILIH DAN TIDAK SAMPEAN TAMPILKAN?Mohon dijawab dan jawabnya merasa bersama Allah ya…

  9. blog ini ada visi dan misi pak, kalau tidak sesuai dengan ketentuan dari visi misi dari blog ini ya akan saya edit atau kalau isinya berlawanan ya akan saya hapus

  10. Ass wr wb
    Benar mas saya pengikut thoriqoh sudah lama ada kalo 10 tahunan, sudah selama itu pula terjadi konflik batin/rasa dalam meletakkan Alloh SWT dan mursyid, saya sangat takut kalo salah meletakkan sandaran, memang setiap pejalan harus ada pembimbing yang mengajari, tapi kalo kita hanya berhenti pada yang mengajari, maka disitu kita mulai kurang pas dalam menyandarkan diri, inilah yang membuat tauhid saya maju/mundur, dan ini terjadi di level rasa,
    kalo saya minta tolong ke mursyid takut menomor duakan Alloh swt, kalo saya minta tolong ke Alloh Swt katanya kita belum kenal Alloh swt dan kenalnya harus lewat media mursyid,,,, stress%$#
    dalam ketakutan ini saya selalu mencari dan alhamdulillah artikel Ust Abu sebagian besar sudah saya baca,,,, juga artikel Ust Yusdeka dan mulai ada titik terang yang menjawab rasa takut akan syirik di hati saya…… mudah2an saya bisa di beri percepatan dalam mengenal Nya aamiiin.

    terimakasih mau menyimak komentar saya,,,

    Yang lagi mencari

    Abu Galih

  11. SILABUS (Yayasan Babussalam,Komp pondok cipta blok E85 bintara pondok kopi bekasi indonesia)

    SalmAlkm,Mempelajari sesuatu harus ada tujuan dan akhir yg jelas serta pembuktian secara hirarki/bukti2 yg jelas dan bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya,berikut silabus kami yg turun temurun dari silsilah kami sampai kepada Rosulullah

    MAJLIS ALY WAFA’ TAJUL ‘ARIFIN (Yayasan Babussalam)

    SILABUS MATA PELAJARAN THORIQOTUS SUFIYAH SAMAN QODIRI AL KHALAWATI WA NAQSYABANDI AL KHOLIDI

    A.Pelajaran Ilmu Syari’ah
    AL MASA’IL FII TAFSIR AL-QUR’ANUL KARIM (Mempelajari Syariah Islam berbagai masalah di dalam Tafsir Al-qur’an yang mulia)

    B.PELAJARAN HAQIQAT WA THORIQOH
    I.1.TALQIN SYAHADAH
    2.TALQIN DZIKIR
    II.PELAJARAN SULUK
    1.DZIKIR QOLBU
    2.DZIKIR LATHOIF (DZIKIR TUJUH TEMPAT)
    A.Latifatul Qolbi
    B. Latifatul Ruh
    C. Latifatul Sir
    D. Latifatul Khofi
    E. Latifatul Akhfa
    F. Latifatul Nafsun Natiqoh
    G. Latifatul Kullu Jasad

    3.DZIKIR NAFI WAL ISBAT
    4. DZIKIR WUKUF
    5. MUROQOBAH ITHLAK
    6. MUROQOBAH AHDIYATUL AF’AL
    7. MUROQOBAH MA’IYYAH
    8. MUROQOBAH AKROBIYYAH
    9. MUROQOBAH AHDIYATUDZ-DZAT
    10. MUROQOBAH AHDIYATUL DZAT SYARFI WAL BAHTI
    11.MAQOM MUSYAHADAH
    12. MAQOM MUKASYAFAH
    13. MAQOM MUKHOBALAH
    14. MAQOM MUKAFFAHAH
    15. MAQOM FANA FILLAH
    16. MAQOM BAQO BILLAH
    17. MAQOM TAHLIL LISAN

    C.PENAMATAN PELAJARAN KEPUTUSAN KAJI
    1. Sihirotul maut (8 pintu jalan kematian) (Dibukakan oleh Mursyid dlm 6 jam)
    2.Musyahadah haqiqatul nafsi (liqo-un nafsi) (melihat wujud nafsi dengan mata kepala)
    3.Musyahadah Nurun ‘alan Nurin (Liqo Allah) (Qs 24:35) (dibukakkan Mursyid 2-4 jam)
    4.Musyahadah Haqiqatun Muhammadiyyah SAWW (Berjumpa dengan Rasullullah SAWW/liqo Rosul)
    Adapun pelajaran tambahan bagi mereka yang telah sampai kepada penamatan pelajaran (Keputusan Kaji) Ada Sembilan.
    1.Maqam mahabbah ila silsilah Thoriqotul Aliyah.
    2.Musyahadah Aimmah (ketemu ahli silsilah).
    3.Haqiqatul Wilayatul Ula.
    4.Haqiqatul kamalatur Risalah.
    5.Haqiqatul kamalatul Qur’an.
    6.Haqiqatul kamalatul Ka’bah.
    7.Haqiqatul kamalatus Sholah.
    8.Haqiqatul kamalatul Ulul Azmi.
    9.Haqiqatul kamalatun Muhammad SAWW.

    NB: Kami siap bertemu wicara bagi Majlis/perorangan /umum untuk membuktikan kebenaran dengan hirarki/bukti2 yg jelas,baik secara keilmuan dan silsilah,semua siap di buktikan dan di pertanggung jawabkan,karena kunci penamatan mata pelajaran hanya ada di tempat kami.

    • OM JES OM JES, ga bosen bikin iklan nebeng mulu dah kehabisan dana yah!!!
      gimana kabar syahbudin? gimana dah berobat blom apa masih rutin minum jamu ya!
      kapan neh mo mubahalah loncat dari gedung ntar palanya bocor ga ada gantinya loh!hihihihi (ntar diganti pake kepala kambing d;p)
      ko’ disetiap blog yg membahas tarekat selalu ada iklan babussalam bekasi sih bikin website sendiri dunk under construction mlulu, modal dunk jangan nipuin orang terus ga berkah!!!
      jgn lp klo ke jawa timur mampir ke rumah ya udin, ada utang ente yg blom dibayar

    • Saya pingin belajar ilmu tarekat, mohon petunjuknya di mana saya bisa belajar, saya tinggal area bekasi pulogadung

  12. ass..Semua komentar bagus, untuk itu saya ingin sedikit berbagi…semoga diterima.
    menurut saya yang bodoh, Mursid itu adalah Bahasa, sedangkan tujuan dari bahasa Mursid itu sendiri adalah yang terpenting.
    Mursid sendiri menurut saya Allah itu sendiri. jadi tidak mungkin bahasa tersebut dtujukan bagi orang (jasad), kalau guru mursid, Rasulullah (Rasa Allah). jadi kalau yang dimaksud dalam bahasa mursid adalah orang, mungkin maksudnya Guru Tuduh…(orang yang diberi mandat dati Tuhan-Nya untuk mengajarkan hal-hal yang berhubungan dengan jalan menuju Allah (Mursid).
    Yang jadi masalahnya,,,Bahasa Allah yang selama ini disebut-sebut maarahkan, ditujukan kemana untuk siapa?
    Pendapat Hamba yang bodoh…Bahasa Allah adalah menerangkan adanya Dhat Sifat…Sementara Dhat Sifat itu ada dalam Diri setiap Pribadi. Jadi Asma Allah itu menerangkan keadaan diri Pribadi masingmasing manusia.
    alasannya…Allah itu lebih dekat dari urat leher (artinya sudah bersatu pada tiap-tiap makhluknya. jadi bagi yang ingin mencari Mursid tanya pada Diri Pribadi yang paling dalam..itulah Mursid sejati…wassalam

  13. Jangan ngaku2 punya kunci ilmu penamatan pelajaran…sebelum rasa anda mengenal RAHSA..sumber dari segala rasa.
    Tanggung jawabnya berat kalau salah disini maka salah disana…sesat disini sesat disana..(bukan alirannya), tapi faham masing-masing indifidu.
    Tidak ada hal yang harus dibuktikan selain pembuktian dengan Tuhan-Nya..(tidak ada umpama bagi-Nya)

  14. Untuk OM-JES dari Silabus, Bekasi kelihatannya kok sudah yang paling hebat. Tidak ada muryid yang hebat selain ALLAH sendiri. Anda mengaku mempunyai silsilah yang jelas sampai ke Rosululloh.. dari silsilah yang mana nih, anak Rosul semuanya meninggal dunia, ndak usah ngaku-ngaku deh. Belajar agama tidak ada istilah tamat. Belum pernah ada hadist yang menceritakan Rosululloh “membuka” sesuatu apalagi ada batasan waktu 2-6 jam. Jangan-jangan ini belajar perdukunan. Mohon maaf OM-JES, soalnya saya bodoh dan ndak tahu apa-apa tentang thoriqoh dan sejenisnya. Sholat saja masih belajar…masih belum bisa baik.

  15. waduh ada iklan nih….hebat banget ngebuka yang tahu nafsa sendiri dalam waktu 6 jam, weleh-weleh?

  16. OM JES OM JES, ga bosen bikin iklan nebeng mulu dah kehabisan dana yah!!!
    gimana kabar syahbudin? gimana dah berobat blom apa masih rutin minum jamu ya!
    kapan neh mo mubahalah loncat dari gedung ntar palanya bocor ga ada gantinya loh!hihihihi (ntar diganti pake kepala kambing d;p)
    ko’ disetiap blog yg membahas tarekat selalu ada iklan babussalam bekasi sih bikin website sendiri dunk under construction mlulu, modal dunk jangan nipuin orang terus ga berkah!!!
    jgn lp klo ke jawa timur mampir ke rumah ya udin, ada utang ente yg blom dibayar

  17. kalau ndak salah.. OM JES dari Silabus, kalau mau jadi anggota, bayarnya mahal, bahkan kalau membuka.. apa yang disebut cupu, entah apa artinya itu, bisa sampai puluhan juta rupiah. makrifat tidak mengenal kesaktian bahkan yang pernah belajar kesaktian harus dilunturkan semua karena makrifat adalah mengenal Allah.. lha ini dalam iklan di Silabus, jelas-jelas mencantumkan biaya.. kok aneh, ada ilmu kebal lagi.. wis mbuhlah….sing penting ayo bersihkan hati, bulatkan tekad hanya ke Allah saja..

  18. Astagfirullah… Koq ada ya yang berani seperti itu? Iklannya mirip iklan paranormal di koran- koran. Masyaallah… Ada- ada saja cara orang cari duit!

  19. iye nih Om Jes..nebeng mulu iklannya, yg saya tau Allah gak pernah ngajarin Rosul utk sombong dgn menunjukan kehebatan apalagi pembuktian,yg pastinya bahwa yg namanya BENAR/KEBENARAN akan tetap BENAR tanpa perlu di iklankan, kalo KEBENARAN/BENAR di iklankan berarti dia masih mau dianggap/dibilang BENAR berarti orang tsb bukan butuh Allah tapi butuh pengakuan dr mahluk-mahluk Allah. udah ah kebanyakan komennya tar Om Jes..nya bingung bin mumet…he..he..he..he

  20. amaliah dalam ilmu tarekat memang begitu.. kenapa harus diributkan.. penawaran dari Om-Jes.. itu menggambarkan betapa besarnya agama Islam.. itu, coba dicari di agama lain.. ngga ada, marilah kita sama-sama tidak saling menyalahkan.. karena kita ini.. ibarat lari maraton.. tujuannya sama, tapi terkadang jalannya.. ada yang senang berputar-putar, santai.. sambil menikmati… atau langsung lewat jalan tol.. kurang lebihnya agar dapat dimaklumi

  21. Assalamu ‘alaikum wr. wb. Untuk seluruh teman-teman, mohon bantuan paparannya berkenaan : 1. mursid/cerdas yang dikaitkan dengan diripribadi yang paling dalam atau ada yang berpendapat juga “hati” sebagai musrsid sejati bila kita lihat pada surah Al ‘Alaq ayat 3,4 dan 5?. 2. Kedudukan shalat yang dikatakan mi’rajnya orang mukmin dengan ritualisasi thoriqoh. Saya sangat butuh ini sebagai pendahuluan karena sangat tertarik untuk lebih mendekatkan diri pada Allah Swt, mungkin Thoriqoh ini salah satu wadah yang sangat saya perlukan dan saya sangat menghargai guru karena tanpa beliau-beliau semua orang tidak akan menjadi sadar. Atas uraian teman-teman saya haturkan banyak-banyak terima kasih. Wassalam.

  22. Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh…
    Maaf, melihat artikel di atas hati saya jadi tergelitik untuk sedikit urun rembug. Melihat nada dan isinya, artikel tersebut di tulis bukan oleh seorang praktisi tarekat ya…?? Ataupun kalau iya… kok dangkal banget pemahamannya soal Mursyid…..

    Sebenarnya, hakikat sejatinya Mursyid itu bukan Zahiriahnya Guru. Tetapi Nur Allah (Nuurun ‘Ala Nuurin) yang berada di dalam Ruhani guru, dan itu diwarisi dari guru-guru sebelumnya hingga sampai ke Rasulullah SAW.

    Bila anda sudah faham makna hakikat syahadat, maka anda akan faham mengapa syahadat rasul itu juga wajib di baca…

    Sekian sedikit urun rembug dari saya, mohon maaf bila ada kata-kata yg salah atau menyinggung perasaan para hadirin semuanya.

    Wassalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatuh…

  23. aslmkm,,pelajaran thoriqoh berarti sdh menuju tasawuf,,dan tasawuf itu udah menuju pengamalan syariat dan tasawuf tidak bisa di buat dalil untuk berdebat,,dari itu untuk apa kita banyak brdebat,kalau ada yang baik dari setiap pendapat ambil yang baiknya,,sekarang kita amalkan apa yang telah kita ketahui
    saya yakin setiap yg berpendapat sudah mengamalkan dan istiqomah
    yang penting ada gurunya….
    htur nhun..

  24. baca buku saja masih salah tafsir .. dengar guru masih keliru maksudnya .. timbul syak dalam hati #salam kenal

  25. Bismillahirrahmaanirrahiim.. Dengan Menyebut Nama Allah yang maha Pengasih maha Penyayang, Tentu semua paham semua rasa didapat dari Allah swt. Allah swt menciptakan Semua Makhluk Dengan kasih & sayang lalu tumbuhlah BENIH CINTA TERSEBUT. Allah mengajarkan Semua makhluknya dengan rasa Cinta , yang bila dirasakan akan membuat sebuah kegilaan. Jangan2 anda mengaku cinta kepada Allah , belajar disana disini disitu pintar disana disini disitu namun Rasa yang dimiliki adalah Rasa SHaythan.. Menyatu Rasa dengan Shaythan, meskipun anda pintar sama saja BODOHnya!. Alergi dengan pendapat oranglain, Bilang sesat disana sesat disini.. Tentu yang bilang adalah Shaythan untuk Mengadu domba sesama Makhluk, Karena shaythan mengaku dirinya adalah TUHAN, yaitu pengakuan kerdil yang dengan pengakuan kerdil itu merasa bisa memimpin manusia.

    Bila ada orang yang Munafik, Engkau harus mengetahui siapa yang berkata Munafik! Sebut saja 2 hal, Rahmani dan Shaythani. Lalu kamu mengatakan kepada mereka, Bahwa mereka tidak mengenal Tuhannya? Sungguh BODOH! Pakai akhlak dalam penyampaian karena 1000 kata-kata tidak akan ada artinya bilamana tidak ada bentuk Kasih sayang didalam diri penyampai dan yang disampaikan. Ya benar, coba rasakan energi itu. Ya benar….Belajar aja sama LISTRIK, Nyetrum begitu cepat sampai kepada 7 titik itu.. Ya benar…

    Bila ada yang mengatakan kepadamu bahwa kamu tidak mengenal tuhan, jangan lakukan demikian sama. Demikian adalah Pengetahuan yang BIJAKSANA.
    Haduh! Kamu bilang AKU kamu bilang Dia, Sesungguhnya PENGENALANMU Haqq kepada Allah, Jalan yang kamu ambil adalah Jalan SHaythan. Kamu sudah menduakan ALLAH!!! Masa ada Aku ada Dia? Kamu pisahkan Keduanya?

    huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ah

    Begini, Bilamana Nuur itu terpisah dengan Nuur itu. Maka sakit itu sakit lah itu. Waduhhh saya yg ga pintar ini hanya mencoba memintarkan kalian semua bahwa hakikat perjuangan adalah satu, yaitu melawan hawa nafsu BUKAN banyak mengkoreksi koreksi tapi bersih bersihkan maka koreksi jadi korek gas korek gas jadi api korek api jadi lilin lilin ditiup..

    Jadilah pembunuh sejati, Terbunuhlah matilah sebelum mati karena bukti kedekatanlah penyatuanlah adalah Bukti Bukti nyata yang dapat terlihat dari A… atau dari ituuu ya bgitu .
    Wallahu A’lam

    A…………. huuuuuu

  26. orang pintar tolong aku aku kesetrum, carikan aku obatnya?
    Oh obat dimana kamu
    kok kamu ga bicara padahal kamu adalah obat
    kamu hanyalah benda mati perantara As Syaafi

  27. ilahi anta maqsudhi wa ridho kamathlubi, bukan nya : guru mursyid (unsur manusia yg baharu) anta maqsudhi …..

    sudah jelas kok..
    saya setuju dgn pak setiyo bahwa pemakaian sukma guru mursyid (yg wajah nya tidak ada yg saya pahami) sebagai pembawa nurrun ala nurrin itu cuma sebagai alat ke Alloh..kalo ini nggak paham, wajar saja protes dgn pak setiyo…

    pak setiyo adalah praktisi ..dan untuk memahami tulisan tulisan beliau, saya pun memahami tulisan nya melalui praktek..
    tentu saja melalui praktek dgn melepaskan kesadaran pada sesuatu ( lepas dari yg bukan laisa kamislihi syaiun)

    • maaf diralat:
      ilahi anta maqsudhi wa ridho kamathlubi,bukan nya : guru mursyid (unsur manusia yg baharu) anta maqsudhi …..

      sudah jelas kok..
      saya setuju dgn pak setiyo bahwa pemakaian sukma guru mursyid (yg wajah sukma nya ini tidak ada bentuk nya, ini yg saya pahami) sebagai pembawa nurrun ala nurrin itu cuma sebagai alat ke Alloh..kalo ini nggak paham, wajar saja protes dgn pak setiyo…

      pak setiyo adalah praktisi ..dan untuk memahami tulisan tulisan beliau, saya pun memahami tulisan nya melalui praktek..tentu saja melalui praktek dgn melepaskan kesadaran pada sesuatu ( lepas dari yg bukan laisa kamislihi syaiun)

  28. Ulah tatarekatan ulah susufian ulah tatasawufanan, Ai kabita dunia keneh mah, Tarekat mah ninggalkeun dunia menuju 4jj.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *