jangan sombong dan congkak

jebakan orang spiritualis adalah kesombongannya bahwa dia seorang spiritualis yang merasa paling benar, paling benar bahwa dirinya telah mencapai tahap kekosongan , inilah jebakan yang menggagalkan seseorang untuk mencapai diri yang sejati.
berapa banyak orang spiritualis yang jatuh pada tahap ini, ingat merasa diri suci atau merasa diri benar adalah godaan yang harus dihindari dengan merendah dan merendah. kadang seorng spiritualis harus merendah kepada seorang anak yang memperingatkan nya, atau seorang awam yang tidak tahu apa apa. seorang spiritualis harus waspada dngan gerak hatinya jika melampoui dari ketentuan cepat cepat minta maaf….
seperti orang jawa pakailah ilmu padi yaitu semakin berisi akan semakin merunduk…

0 thoughts on “jangan sombong dan congkak

  1. betul mas setiyo, setan kalau mau membelokkan arah caranya sangat halus sekali. Tulisan kangBoed tgl 15 Juli dng judul Maju Mundur baris ke 20 juga mengingatkan qta tentang hal ini. Mudah2an qta selalu dalam lindungan dan bimbinganNya

  2. falsafah jawa, ojo rumongso biso ning biso rumongso. ojo keminter mengko keblinger dsb. jadi biasa saja. rumongso dadi orang biasa saja, tdk memiliki apa2.

  3. orang yang “merasa Paling” membuat orang tersebut takabur, cenderung meremuhkan orang lain. kita memang harus belajar seperti ilmu padi yang diutarakan mas setiyo dan kang tohar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *