jangan terjebak cinta

cinta itu rasa, dan rasa itu relatif, plus berbolak balik (qolb). ketika orang terjebak pada cinta maka dia sebenarnya masuk dalam dimensi rasa yang siap mengombang ambingkan dirinya. tingkatan rasa itu ada tiga.

1. rasa negatif…. benci, dendam, kecewa dll rasa rasa ini sangat tidak mengenakkan , dan merupakan tingkatan paling rendah

2. rasa positif … cinta, rindu, senang, dll rasa ini tidak mengenakkan juga namun orang tidak sadar bahwa rasa ini bisa menjebak dan mengombang ambingkan dirinya, level rasa ini menengah.

3. “di atas rasa” ini merupakan level rasa tertinggi yaitu rasa yang tidak berasa. saya menyebutnya di atas rasa, suatu keadaan yang tidak cinta, tidak senang, tidak susah … dan memang tidak ada rasa. ini merupakan level tertinggi dari wilayah rasa….

jangan terjebak cinta, kita seringkali menganggap cinta itu suatu yang sangat bernilai tinggi, cinta kepada orang tua, cinta kepada kekasih, cinta kepada siapapun kita akan terjebak. coba saja… cinta pada orang tua… akhirnya kita akan ditinggal mati, cinta pada kekasih pasti suatu waktu kita akan dibuat sakit olehnya….

cinta kepada Allah pun itu masih suatu proses perjalanan, seorang pecinta Allah pada level tertinggi tingkat cintanya tidak bisa membedakan mana diri nya dan mana Allah. tokoh tokoh sufi seperti syeh siti jenar, dan saya kira banyak tokoh sufi yang lain tidak mau terjebak dalam “rasa cinta” kepada Allah. beliau beliau membebaskan diri nya dengan rasa sehingga rasa itu hilang berganti dengan kefanaan dirinya.

maka bagi para pencari Tuhan jangan berhenti pada cinta jika sudah cinta… meningkatlah pada posisi atau wilayah pemfanaan diri beralih kepada “yg ada hanya ALLAH” itu lah hakikinya CINTA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “jangan terjebak cinta

  1. Pingback: jangan terjebak cinta (2) « SOLO THE SPIRIT OF ISLAM, Islam for All

  2. matikan dirimu sebelum kamu mati, itulah hakikinya fana, sudah tidak ada cinta lagi..pengertian cinta dan fana yang jelas berbeda..

  3. Dalam fanapun ada cinta….cinta yang sangat besar yang tak membedakan…………………..HURRAHMAN NIRRAHIM……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *