Jika ada konflik suami istri

kuncinya adalah berbuat baik dan bertakwa. pengertian berbuat baik itu luas dan takwa adalah luas juga. Kalau diartikan sempit maka tidak akan menjadi sebuah solusi yang mujarab seperti yang di tuliskan dalam al quran. berbuat baik adalah perbuatan perbuatan yang “berlawanan dengan perbutan yang tidak baik”. nah pada pemahaman ini saya tidak perlu menjelaskan seperti apa perbuatan yang berlawanan dengan perbuatan yang tidak baik tersebut. Secara akal dan nalar pasti kita sudah tahu dan sudah paham, kenapa saya menjelaskan dengan cara pemahaman yang demikian karena setiap pasangan memiliki ciri khas memiliki keunikan masing masing, sehingga yang dikatakan dengan baik dan tidak baik itu dalam beberapa hal akan sangat berbeda antara pasangan satu dengan pasangan yang lain.

quran memberikan solusi dua hal yaitu berbuat baik dan bertakwa. yang pertama tadi adalah kaitannya dengan pasangan atau horizontal yang kedua adalah takwa yaitu vertikal artinya apa yang kita lakukan dalam berkeluarga mengandung prinsip bertakwa kepada Allah SWT.

kedua prinsip ini yaitu berbuat baik dan bertakwa harus terwujud dalam perilaku nyata. bukan teori sehingga disini mungkin akan berlawanan ego bisa enggan, bisa malu atau lainnya. ego ini bahaya kalau di bawa dalam keluarga seringkali ego masing masing pasangan menyebabkan perselisihan. maka quran sangat jelas agar keluarga kita bahagia maka solusinya penghancuran ego yaitu melalui berbuat baik dengan pasangan dan bertakwa.

semoga kita dijadikan Allah untuk bisa selalu berbuat baik dengan pasangan dan selalu bertakwa kepada Allah dalam setiap tingkah laku dan perbuatan kita. amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *