Jika hidayah turun

Hidayah merupakan suatu karunia Allah SWT yang sangat kita nanti nantikan, tapi tahukah kita atau sadarkah kita bagaimana hidayah turun dalam diri kita? saya ada pandangan tersendiri terhadap hidayah yang turun ini. Hidayah bagi saya seperti suatu energi yang jika itu turun kepada kita dapat menggerakkan kita ke arah yang lebih baik. Misalnya ketika duduk duduk santai kita seperti tergerakkan untuk melakukan sesuatu yang baik. Tiba-tiba ingin bermujahadah bersungguh sungguh ke Allah…. dan suatu keadan hati ini dapat menggerakkan seseorang untuk sholat tahajud, mempergunakan waktu dengan sebaiknya, dan menjalankan ibadah sholat wirid dengan baik pula.

contoh hidayah lagi misalnya, tiba tiba tergerak untuk melakukan puasa daud, selain ada dorongan untuk menjalankan puasa daud juga ada kekuatan hati untuk segera menjalankannya.

Jagi hidayah ini kadang di luar kehendak kita, sebelumnya tidak ada niat jadi ada niat.

Hidayah juga ada yang kuat ada yang lemah. Kalau yang kuat lebih jarang munculnya dibandingkan hidayah yang lemah. contoh yang kuat seperti yang sudah saya contohkan diatas artinya dorongan tersebut sangat kuat sehingga bisa sangat terasa dan bisa menggerakkan diri kita. Nah ada hidayah yang sangat lemah artinya kita harus peka dengan hidayah ini. Karena jika tidak kita perhatikan dengan seksama dan tidak segera kita respon hidayah yang lemah ini akan berlalu seperti angin, tapi jika kita respon artinya kita jalankan sesuai dorongan hidayah maka akan tersimpan dan bisa jadi akan menjadi hidayah yang sangat kuat. dan hidayah yang lemah ini lebih sering dibandingkan dengan hidayah yang kuat tadi.

Saran saya jika ada hidayah turun entah itu kuat atau lemah segeralah untuk meresponnya. Lakukan respon sebisanya meski hanya menuliskan di secarik kertas atau menuliskannya di catatan HP. Syukur syukur langsung bisa dijalankan. misalnya ingin sedekah segera lakukan sedekah. Dengan respon yang cepat ini maka hidayah ini tidak akan berlalu begitu saja, Semakin kita banyak menyimpan hidayah maka kita akan semakin bahagia dalam hidup.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *