jika kepala pening saat dzikir

Saya kemarin ada tamu dari depok salemba jakarta, Pak Zaenal. KOnsultasi mengenai dzikir yang dia lakukan pada tahap tertentu merasakan kepala sangat pening dan  sakit dibagian depan kepalanya. saya menyarakan kan kepada beliau untuk menggunakan patrap 2 yaitu berserah kepada Allah. Dalam tahap ini tidak ada lagi nafsu untuk ke Allah, dan tidak ada keinginan apapun, yang dilakukan hanyalah berserah kepada Allah, sambil menunggu dengan berserah apa apa yang akan diberikan Allah kepada kita. alhamdulillah beliau paham dan insya Allah akan dipraktekan.

Kepala pening saat dzikir atau patrap memang banyak yang mengalami terutama bagi yang baru memulai untuk belajar. kita tidak bisa memaksakan diri ke Allah ketika kepala sudah pening. yang dapat kita lakukan adalah relaks. Relaks yang diiringi dengan pasrah kepada Allah.  Kalau kita memaksakan diri untuk ke Allah maka kepala akan semakin pening dan terasa seperti akan pecah.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

10 thoughts on “jika kepala pening saat dzikir

  1. aslkm,pak pur…malam jumat kemarin saya mmpraktekkan latihan sholat khusuk yg ada di vidio youtube mulai dari pasang niat ,sampe salam dgn dasarnya yg rilaks dan mnghadap ke ALLAH yg maha meliputi..semakin saya santai seperti ada kejutan2 kecil di otot2 tubuh saya dan semakin saya berusaha mnnghadap ALLAH semakin terasa seperti trharu..kemudian,setelah sholat,saya ikuti langkah selanjutnya yaitu duduk brzikir memanggil ALLAH dgn dua dasar tadi yaitu relaks dan mnghadap ALLAH yg maha meliputi..baru sekitar ada 10 menitan,tiba2 otot2 tubuh saya sperti terkejut keras sekali ke belakang sampai kepala saya terbentur keras sekali ke lantai…sakit sekali,tapi alhmdulillah,kepala saya nggak mengalami gegar otak dan hari ini kepala saya tetap sehat2 saja..Pak pur,bagaimana cara nya agar kejutan2 otot saat sholat dan hentakan otot yg keras itu tidak terjadi lagi?
    mohon pencerahannya…

    • waalaikum salam, lebih sadarm dan kendalikan semua gerakan, jika terasa tegang lakukan untuk relaks dan berserah semoga dimudahkan Allah . salam

  2. o iya,pak pur..”hanyalah berserah kepada Allah, sambil menunggu dengan berserah apa apa yang akan diberikan Allah” ini yg belum saya lakukan..thanks,pak pur..

  3. aslkm,pak pur…permisi tanya lagi..sewaktu duduk brzikir didasari rileks ,berniat brhadapan pd ALLAh yg maha meliputi, dan berserah diri, tubuh saya merasakan seperti ada tekanan tenaga yg sangat kuat sekali..terasa kayak dari dalam dan luar tubuh.begitu kuat sekali,ingin sekali rasa nya berteriak sekuat tenaga..pak pur,apa ini gejala kerasukan jin? mohon pencerahan nya apa yg harus saya lakukan lagi?

    • waalaikums alam . memang demikian pak. tapi kendalikan jangan sampai teriak. yang harus bapak lakukan adalah relaks dan berserah kepada allah

  4. aslmkm,pak pur..aduh ,pak, saya kok jadi banyak tanya melulu..aneh !! tapi nyata… saya jadi takut kalo tanya2 kpd keluarga,takut dikatakan belajar ilmu2 aneh..dgn dua dasar yaitu relaks dan brserah diri ini saya mengalami hal2 aneh tapi nyata..khusus nya setelah badan saya capek bekerja, saya brbaring di kasur dan tringat dua dasar tadi,tiba2 terasa sekali tubuh saya tenggelam masuk kebawah tanah seperti tenggelam kedalam kolam air..terasa perlahan tapi pasti saya masuk ke dalam tanah seperti melayang saja terus kebawah lagi dan tiba2 saya berada di ruangan rumah yg megah, indah, dan mewah dgn kondisi tubuh saya seperti melayang ringan brgerak sndiri.saya ikuti saja prgerakan melayang ini layaknya seperti superman yg bisa terbang itu..tapi hal ini cuma sebentar saja,pak..lalu tiba2 saja ,saya sudah merasakan berada di atas kasur lagi..yg lebih aneh lgi,dlm keadaan berbaring jg,semalam tubuh saya sperti melesat ke atas seperti panah yg melesat cepat sekali menembus kegelapan..begitu cepatnya terasa ngeri sekali brcampur rasa sedih yg amat sangat saat itu sampai saya berteriak keras.lalu tiba2 saja saya sdh brada di kasur lgi.
    pak pur,sebenarnya saya belajar ilmu aneh apa nih ,pak? apakah saya sdh tersesat? pak pur,apa yg harus saya lakukan lagi? wassalam..

  5. asmlkm,pak pur..mohon maaf pertanyaan saya kalo sdh menyinggung…tapi kemana lgi saya harus bertanya? mohon pencerahan nya dan berilah sedikit saran utk saya,pak.

  6. aslmkm ,pak pur…barusan saya sdh baca artikel yg judul nya “sesat takut sesat” kayak nya artikel ini jadi jawaban utk saya yg takut tersesat…mohon doa dari pak pur..semoga ALLAH membukakan jalan kemudahan utk saya..aamiinn.

  7. asmlkm..pak pur
    setelah baca artikel2 patrap ,nampak nya saya masih berkutat di patrap satu..yang saya rasakan masih berkutat dalam proses tarikan ruhani alias belum sampe masuk pada tahap pertemuan dan penyaksian ke ALLAH..mungkin ada sekitar kurang lebih satu jam-an proses ini saya rasakan..pak pur,mohon sarannya bagaimana saya bisa mengalami kemajuan spiritual ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *