JIka sudah Tua saatnya berlatih patrap sakaratul maut

usia semakin tua dan kemampuan adaptasi akan semakin berkurang. Di saat tua itu penting untuk memahami diri yang memang sudah tua, kesadaran akan penuaan diri akan membuat lebih sabar dan lebih bijaksana dalam hidup. Kalau sudah tua akan sangat sulit hidup di tempat yang tidak seperti biasanya. Contoh paling mudah adalah ketika berada di tempat anak sendiri yang rumahnya bak istana, dibanding rumahnya sendiri, rumah desa dari bambu, tetap akan nyaman di rumah sendiri.

Masa tua jangan dibawa emosi, atau marah marah, karena memang banyak perubahan diri yang terjadi, kesiapan menjadi tua memang sangatlah penting. Tahap perkembangan hidup harus disertai dengan harapan meskipun sudah tua. Tidak hanya mereka yang masih muda saja yang bisa punya harapan. Apa harapan hidup kalau sudah tua, harapan hidup kalau sudah tua adalah menanti saat bahagia kembali kepada Allah.

masa tua bukanlah saatnya melancong kesana kesini, dimana hal itu dapat melupakan tujuan hidup kembali kepada Allah. Masa tua adalah masa dimana kita harus mempersiapkan harapan yang sudah dicita citakan yaitu kembali kepada Allah dengan tenang dan bahagia.

Persiapan sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan sering sering berlatih patrap sakaratul maut, misalnya saat mau tidur. Direbahkn tubuhnya kemudian seolah jiwa kita keluar dari jasad dimulai dari ujung kaki kemudian merambat ke atas dan selanjutnya keluar dari raga menuju kepada Allah. Latihan saat tidur ini dapat menjadi latihan ketika suatu saat dipanggil Allah dan jiwa serta Ruh keluar dari jasad.