kapan saatnya belajar makrifat

Makrifat bukanlah ilmu, jadi tidak perlu dipelajari. Makrifat adalah kesadaran akan Allah. jadi judul di atas tentunya salah .. ya salah. Sebab sekali lagi bahwa makrifat tidak perlu dipelajari cukup di sadari saja. Sadar Allah sama dengan makrifat Allah. Nah mudah kah. jadi untuk memulai kapan bermakrifat ya sekarang ini tidak nanti apalagi besuk apalagi kalau sudah tua.

Jangan mengartikan makrifat itu segudang ilmu yang sulit, yang njlimet, yang bermaqom maqom, bertingkat tingkat dengan berbagai amalan ini dan itu. Kalau kita mengartikan demikian maka makrifat itu akan berada nun jauh di sana. tapi kalau menggunakan konsep bahwa makrifat itu sadar Allah  maka akan sangat mudah, sangat gampang, tidak perlu nanti tapi sekarang, tidak ada syarat ini dan itu, tidak perlu amalan ini dan itu cukup menjalankan syariat dengan benar itu sudah cukup.

kata kunci untuk bermakrifat adalah “sadar”. Gunakan sadar kita untuk menyadari Allah yang dekat, yang meliputi segala sesuatu. Abaikan saja pengertian terminologi yang ada di ilmu makrifat… hindari saja.. kalau kita ingin jalan yang mulus menuju kepada Allah dan mengenal Allah maka sebaiknya berfikir sederhana dan simpel. Allah suka yang simpel simpel dan suka yang mudah mudah.

Makrifat bukanlah ilmu,

tidak perlu takut untuk  bermakrifat, takut kepada siapa? takut kepada syetan? takut kepada “sesat”, orang yang ihlas lurus ke Allah pasti Allah akan melindungi. justru kalau kita tidak ke Allah artinya dengan berbagai macam “protokoler” maka sangat riskan sebab lebih menggantungkan sang makelar dari pada Allah.

bermakrifat tidak perlu usia tua…. justru dengan usia muda lebih banyak bisa yang dilakukan dengan bermakrifat, hidupnya lebih baik dengan makrifat ketika muda. siapa yang tidak ingin hidupnya bahagia ketika muda… tentunya semua ingin nah untuk itu selalu sadar Allah (makrifat) agar selalu mendapatkan pertolongan Allah … selamat bermakrifat

4 thoughts on “kapan saatnya belajar makrifat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *