Kapan Saatnya Bersedekah

kapan saatnya bersedekah…. jawabannya kapanpun boleh, … tapi ada waktu waktu spesial ketika kita akan bersedekah. Pada saat Allah memberikan ilham bersedekah saat itulah kita bersedekah. jangan ditunda, segera saja. Ada waktu waktu yang sebaiknya tidak bersedekah yaitu ketika bersedekah punya niat lain selain Allah misalnya ketika punya hutang lalu bersedekah agar rejakinya datangnya banyak dan nantinya bisa digunakan untuk bersedekah. Dari pada sedekah lebih baik uangnya dikumpulkan untuk membayar hutang, karena hutang lebih wajib hukumnya dari pada sedekah. Dan ternyata semakin tidak ihlas kita bersedekah maka Allahpun juga tidak segera membalasnya.

Sedekah yang bersifat ilmpulsif ilham (bersedekah tidak lewat proses berpikir) biasanya yang akan mendapatkan surprise dari Allah SWT. maka dari itu mari kita bersedekah berdasar ilham yang kita tarima. Mudah saja mengenali ilham itu, cukup jika kita terbersit untuk memberikan uang kepada orang yang memerlukan, ada niat yang bukan dari pikiran tapi dari hati secara tiba tiba , jika kita merasakan demikian maka segera keluarkan uang sedekah kita, Efek dari sedekah yang demikian biasanya hati kita terasa plong, tapi biasanya juga kita tunda dan akhirnya tidak jadi maka akan terasa berat di hati kita.

Semoga kita di ilhamkan untuk sedekah dan semoga sedekah kita membawa manfaat dunia dan akhirat amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Kapan Saatnya Bersedekah

  1. Benar ustadz, ketika rasa ingin bersedekah itu datang secara spontan memang sebaiknya kita lakukan. Kalau menurut saya bahkan “wajib”. Rasanya sangat beda ketika menggunakan pikiran untuk bersedekah. Ada sebuah rasa yang aneh yang akan menyelimuti kita. Rasa itu seperti ada rasa PUAS yang teramat sangat. Ini pernah saya alami ketika suatu saat di sebuah rest area melihat orang lanjut usia sdg mengorek2 tong sampah, tiba2 ada rasa yang menyuruh saya untuk segera memberi sedekah kpd ybsk. Dan ketika saya sdg sibuk mencari2 dompet, saya kehilangan moment krn si bpk ini sdh tidak ada. Dan aneh ada rasa bersalah karena saya telat. Tapi yang lebih aneh, lagi saya seperti mendapat bisikan bahwa org tua tadi akan datang kembali ke tempat semula. Saya pun sdh siapkan sedekah, sambil tunggu istri selesai shalat, saya duduk2 saja di belakang setir. Dan benar saja, SubhanAllah, si bpk tadi muncul. Dan begitu saya selesai memberi sedekah kpd ybsk, ada rasa lain lagi dalam hati saya spy si bpk sgr pergi dan tdk perlu mengucapkan terima kasih. Benar ustadz ilham yg lsg dilaksanakan tsb memberikan rasa bahagia bagi saya yg sulit diucapkan. Demikian semoga bermanfaat

    • Terharu saya baca kisahnya,… dan hal itu juga pernah saya alami.
      benar ada perasaan puas saat kita bisa bersedekah tepat pada waktunya datang sebuah ILHAM dari Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *