Keberanian ulama hakikat makrifat

Perkembangan islam tidak pernah lepas dari ulama ulama hakikat makrifat. Beliau beliau begitu berani menerima amanah Allah untuk berdakwah dari tanah arab ke tanah jawa dan sekitarnya. Kita lihat kesiapan para ulama hakikat makrifat ini menjadika Allah banyak menurunkan petunjuk dan pertolongannya,sehingga beliau beliau kelihatan sakti dan punya karomah yang Woowww. Hal ini sangat mirip dengan sejarah mukjizat para Nabi dan Rasul dimana kesaktian Beliau beliau itu berasal dari kesiapan dan menjalanankan amanah yang Allah berikan.

keberanian Ulama hakikat makrifat perlu kita contoh, dan perlu kita tiru, bukan meniru kamromahnya tapi meniru kesiapan beliau beliau dalam menerima amanah dari Allah. Seluruh tugas yang beliau emban ternyata semua mendapatkan kemudahan dari Allah. Saya bisa membayangkan bagaimana sulitnya para ulama ulama tanah arab datang ke jawa dan berkomunikasi dengan orang jawa. Yang satu bahasa jawa yang satu bahasa arab. Kemudian bisa merubah keyakinan orang jawa menjadi islam dan bertauhid. Jelas kalau ini tidak ada pertolongn Allah tdak akan mungkin. Apakah keberhasilan Para ulama hakikat makrifat ini adalah semata mata keahliannya berdakwah? saya kira tidak. Saya yakin beliau beliau berdakwah awalnya hanya menerima amanah dari Allah selanjutnya adalh nekat. Kenekatanpara Ulama ini kemudian menimbulkan kemudahan dan pertolongan Allah sehingga nampak para ulama hakikat makrifat ini bisa berdakwah dan berhasil.

dakwah para ulama hakikat makrifat ini merupakan dakwah digaris depan perjuangan perjuangan para ulama ini tentunya mendapat apresiasi yang besar. Dalam sejarah perjuangan, setalah islam masuk baru ulama ulama syariat datang dan dengan gaya paling benar mulai “membenahi yang dianggapnya salah, dengan mengatasnamakan kalimat “bidah” sebagai senjata untuk pembenaran bagi pendapatnya. Ya kita paham cara dakwah seperti ini tidak akna mungkin terjadi di awal atau di garis depan.

ada pelajaran menarik dari ulama hakikat makrifat ini dalam berdakwah yaitu beliau beliau siap menerima amanah dari Allah. dan beliau menjalankan meski kadang dalam hati beliau tidak terbayang kesulitan yang akan di hadapii ketika harus berdakwah di luar benua. tapi Allah menjawab semua kelusulitan para ulama hakikat makrifat ini. Yaitu beberapa karomah sebagai fasilitas Allah dalam rangka memudahkan dakwah para ulama hakikat makrifat ini. Maka kita akan contoh ulama haikat makrifat ini dalam menerima amanah Allah, ternyata kalau amanah Allah itu dijalankan maka tidak ada yang sulit. semua akan berjalan dengan petunjuk dan pertolongan Allah. Lha kalau sudah dapat petunjuka allah dan pertolongan Allah maka semua akan menjadi mudah dan berjalan dengan lancar. mari kita tiru kebiasan ulama hakikat makrifat ini, kita tidak mencari kaormah karomah, kita tidak mencari kesaktian kesaktian, tapi kita mecontoh bagaimana para ulama hakikat makrifat menerima dan menjalankan amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *