kekuatan menghadapi masalah

kekuatan itu terletak pada kesabaran seseorang dalam menghadapi masalah. Seperti halnya mengangkat barbel kekuatan mengangkat terletak pada kekuatan otot. Masalah tidak akan menjadi masalah jika seseorang sabar dalam menyelesaikannya. Ingat sabar menyelesaikan bukan sabar menunggu masalah selesai dengan sendirinya. Hidup paling pol mati, tidak lebih dari itu, jadi masalah manusia tidak ada yang melebihi mati, maka sabarlah dalam menyelesaikan masalah.

Masalah jangan diselesaikan dengan ketergesaan, diselesaikan dengan terburu buru ingin cepat selesai. Biasanya semakin kita ingin cepat menyelesaikan maka semakin masalah itu bertambah berat dan tidak selesai selesai. contoh orang yang ingin menyelesaikan hutang biasanya ingin cepat selesai masalah hutangnya dengan hutang lebih banyak lagi, hal ini disebabkan karena ingin cepat melunasi hutang dengan cara yang “tidak sabar”. Coba jika dengan sabar, meski tidak ada lagi yang bisa untuk dibayarkan cobalah tetap sabar, menghadapi semua yang harus dihadapi. Kesabaran dan kesungguhan menyelesaikan masalah ini akan menyebabkan masalah cepat selesai dan tidak menimbulkan masalah baru.

ada satu manfaat ketika dalam kondisi terjepit, terdesak, terhimpit yaitu apa yang kita doa pasti dikabulkan Allah, dari sini kita menjadi sangat dekat dengan Allah, kita merasa butuh Allah, kita merasa di dengar Allah dan pertolongan sungguh sangat terasa. Keadaan tersebut tentunya akan membuat spiritualitas kita meningkat drastis. dan hal ini tidak akan di dapat jika kita tidak sabar dalam menghadapi masalah. tentunya ada maksud Allah dalam masalah kita, kalau kita sabar kita akan memahami Allah sedang mendidik kita.

sabar memang mudah secara teori, tapi sabar ini jika tidak di dapat ketika menghadapi masalah maka meski paham tentang sabar belum tentu bisa sabar. orang yang sabar berarti dia mendapatkan hidayah dari Allah, orang yang tidak sabar tidak mendapatkan hidayah dari Allah.

orang bermasalah harus memiliki ketangguhan dalam menyelesaikan masalah tersebut. kalau selama ini kita beranggapan bahwa masalah harus dihadapi dan harus diselesaikan maka sekarang yang pertama harus kita lakukan adalah bukan menyelesaikannya tapi gunakan sabar dengan memohon kepada Allah , mohon diberikan kesabaran. Hanya dengan kesabaran inilah kita mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “kekuatan menghadapi masalah

  1. Iya pak pur….sangat setuju bhw kekuatan mghadapi mslah trletak di “kesbaran mghdapi masalah”..yg sy pahami kunci mnggapai keridhoaan Allah adalah “sabar,syukur dan ikhlas” scra teori…dan prateknya tentu Allah akn mnghadirkn masalah2/ujian2 hidup agr manusia bisa brlatih sabar..tanpa ujian kesabaran rasanya mustahil bagi manusia bisa memiliki “rasa sabar” di hatinya…analogi dlm hidup sperti anak sekolah yg bila dihdapkn dg materi ujian bs mengerjakan dg baik tentu akn mndptkn nilai yg bagus dan akhirnya lulus ujian/naik kelas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *