kemenangan fitri

kemenangan suci di hari idul fitri … kemenagan yang berupa terbebasnya diri dari belenggu fisik. sedikit mengulas unsur manusia bahwa manusia diciptakan menjadi 2 unsur yaitu unsur fisik dan unsur ruhani… unsur fisik berupak tanah dan unsur ruhani berupa unsur ketuhanan. manusia dalam hidupnya tinggal pilih yang mana apakah memilih berkecenderungan untuk fisik atau memilih untuk berelcenderungan pada ruhani. unsur ruhani memiliki sifat yang bertolak belakang dengan fisik. jika ruh mengarah ke allah maka kalau fisik mengarah kepada tanah yaitu kenikmatan tanah … makan, minum, syahwat …
dalam opuasa ini kita diajarkan untuk berpindah dari fisik ke ruh… dari dorongan duniawi mengarah ke dorongan ruhani yaitu ke allah, keberhasilan ini akan kita rayakan pada 1 syawal yaitu saat idul fitri. inilah kemengan sejat di idul fitri ini, bukan kemenangan telah puasa.. karena puasa saja ternyata tidak menjamin kemenangan..
kam min shoimin laisa lahu min syiamihi illal juu’ wal Athos..
banyak sekali orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan haus…(hadis)
jadi puasa saja tidak menjamin kemenangan..
kemudian yang jadi pemikiran kita adalah … apa yang kita rayakan di hari idul fitri? kalau kita tidak kembali kepada yang suci?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *