bangunan sekolah sering di identikan dengan gedung besar yang ramai ketika siang. malam menjadi tempat yang sepi. besarnya gedung dan mungkin ditambah rimbunnya pepohonan… ditambah lagi bahwa bangunan tersebut bekas kuburan….hal hal tersebut sering di imajinasikan banyak hantunya, banyak perinya, dan banyak penunggunya.
imajinasi tersebut masuk ke alam bawah sadar dan menjadi sistem yang diyakini bahwa benar disitu ada hantu, ada jin, ada penunggu.
seringnya terjadi kesurupan sebanarnya bukan jinnya masuk ke tubuh manusia, bukan penunggu sekolah mengganti jiwa anak anak tersebut, tapi karena anak anak tersebut stress kemudian dia masuk ke alam pikirannya dan secara tak sengaja masuk ke bawah sadar dan tersangkut di alam bawah sadar yang berupa alam jin, alam penunggu, alam leluhur…kalau sudah begini maka seperti orang dihipnotis dirinya akan berubah menjadi sperti apa yang dipikirkan, menjadi seperti apa yang ada di alam bawah sadarnya.
nah kalau sudah begini sebenernya bukan kesurupan tapi gangguan hysteria, maka jika terjadi demikian anak tersebut harus diisolasi jangan diijinkan untuk melihat karena kalau mentalnya lemah akan terinduksi jadi hysteria juga, maka ada namanya kesurupan massal (mass hysteria) karena penonton terinduksi alam bawah sadarnya. jadi harus di asingkan dan ditempatkan ditempat yang tenang, kalau perlu iisoloasi di kamar dan diiamkan ditempat yang sangat terang dan sejuk.
kemudian untuk menhindari atau mencegah kesurupan di sekolah sebaiknya sekolah menghilangkan lokasi lokasi yang dianggap angker, gedung gedunng di cat dengan warna yang cerah, dan jangan kusam , remang remang, dan lembab serta bau tidak nyaman, karena hal tersebut akan menstimulasi munculnya halusinasi dan hysteria. selain itu sekolah sebaikknya tidak memberikan stressor berlebihan kepada anak didik karena biasanya kesurupan massal terjadi ketika akan ujian atau test. kondisi stress mennjelang ujian atau test ini akan memunculkan depresi dan hysteria.
dan yang paling utama adalah menumbuhkan mental KeTuhanan. misalnya dengan kegiatan ruhaniah, berdoa, keyakinan, dan lain sabagainya. memanggil dukun, paranormal atau sejenisnya untuk penyembuhan hysteria akan menambah gangguan itu bertambah atau berulang di kemudian hari karena akan muncul keyakinan bahwa betul betul ada jin adan penunggu.