kenapa takut belajar makrifat

makrifat adalah ilmu dasar dan ilmu wajib yang harus dipelajari oleh setiap muslim. beragama tanpa makrifat ibarat naik kendaraan api tidak tahukemana  tujuannya.

orang banyak ketakutan ketika belajar makrifat, yang ditakutkan adalah kesesatan dalam belajar, sehingga banyak yang menyarankan jika ingin belajar makrifat  harus mencari guru yang benar benar bersih…. keturunan kyai atau habib… dan punya kesaktian…. wah pasti susah mencari guru seperti ini. koreksi terhadap pemahaman seperti ini adalah bahwa  guru spiritual tidak bisa menjamin muridnya untuk selamat atau masuk surga, sebersih apapun sehebat apapun tetap tidak bisa jamin muridnya akan selamat. koreksi yang kedua kenapa yang ditekankan ketika belajar makrifat bukan menuju ke Allahnya tapi harus mencari GURU SUCI nya, menurut saya ini adalah kesalahan fatal.

dalam belajar makrifat yang paling menjadi penekanan adalah “bersama Allah” kalau kita sudah sambung ke Allah dan kita yakin bahwa allah menuntun kita maka Syetan pun tidak mampu menggoda, demikian juga nafsu kita tidak akan dapat mengganggu kita.

belajar makrifat harus dengan Allah,dan perlu kita ketahui bahwa tidak ada yang dapat mengenalkan Allah kepada diri kita kecuali Allahitu  sendiri yang memperkenalkan DiriNya kepada kita. ini adalah kunci belajar makrifat. jadi jangan takut kepada yang namanya syetan…. kita tidak perlu yakin kalau syetan dapat mengalahkan kita, yang kita yakini adalah Allah selalu melindungi kita dan memproteksi kita jika kita selalu bersama Allah.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

24 thoughts on “kenapa takut belajar makrifat

  1. kira-kira dalam ilmu marifat itu apa-apa saja yang dibahas, sehingga kita tidak perlu takut mempelajari.. tidak perlu dengan guru ? padahal bagaimana kita sambung ke Allah kalo tidak tahu ilmunya..

  2. aq setuju sekali dengan pemikiran mas Pur ini, aq inging sekali mas tapi sampai sek aq belum mampu. tolong bantu dengan doanya mas atau ada something wrong di aq mas mohon petunjuknya. Trm ksh.

    • kita sama sama belajar Pak, kita sama sama mohon petunjuk Allah SWT, semoga dituntun ihdinashshirothol mustaqiim

  3. kata orang bijak.. ilmu pemimpin amal, bagaimana amal (laku) bisa bener kalo pemimpinnya (ilmunya) ngga bener.. menurut saya sih ada alasan kenapa orang takut belajar ilmu marifat dan yang menjadi ganjalan saya.. kenapa ngga perlu takut belajar ilmu marifat.. sebenarnya topik pembahasan ilmu marifat itu apa sih.. kalo bisa dijelaskan mas.terima kasih.

    • makrifat itu mengenal Allah, dan Allah lah yang akan memperkenalkan Diri Beliau kepada kita, jadi kita sambung saja kepada Allah , agar kita diajari Allah tentang ilmu mengenal Beliau

  4. assalamualaikum.. mas pur, mau nanya, “ilmu” yang disini ilmu secara umum atau bagaimana?? lha ma’rifat sendiri itu bagian dari Ilmu bukan??? syukron

    • makrifat merupakan ilmu dari Allah, kalau ilmu makrifat adalah pengalaman manusia yang di teorikan menurut saya ini bukan makrifat tapi ilmu makrifat. makrifat sesuatu yang bersumber dari Allah.

  5. SALAM,
    belajar marifat ini adalah kewajiban seluruh manusia tidak kira apa fahaman pun. ini sudah menjadi fitrah manusia dihidupkan dan allah berikan didalam nalurinya ada keinginan mencari tuhannya, tapi manusia itu selalu bersikap sombong. AWAL AGAMA MENGENAL ALLAH. persoalan untuk mencari guru seharusnya tidak menjadi masaalah, ianya cuma ditimbul-timbulkan pada orang-orang yang berpura-pura mahu mencari ilmu marifat ini. guru itu urusan allah, dia akan menemukan bagi pencari ilmu ini nanti. ilmu ini adalah merupakan ilmu rahsia yang hanya diajarkan kepada yang berkehendak saja baik pada zaman nabi mahu pun sekarang. hadis kudsi nabi ada menyatakan JANGAN KAMU KALUNGKAN MUTIARA PADA LEHER BABI. apa yang dimaksudkan olih nabi mutiara? ya ianya adalah ilmu marifat. apa pula hubungannya dengan leher babi? itu anggapan pada orang yang hanya menayai ilmu ini hanya untuk saja-saja. akibatnya jika ilmu ini sudah didedahkan ianya akan menimbulkan fitnah.lihat saja ustaz abu sangkan, apa yang telah terjadi? fitnah. itu baru sedikit ilmu marifat yang didedahkan olih beliau. padahal ilmu itu adalah ilmu yang benar. pada peringkat awal mereka yang ingin mempelajari ilmu ini seharusnya terlebih dahulu membuang sifat iblis dan firaun dalam dirinya. apakah sifat-sifat itu tentunya ialah RIYAK DAN KEAKUAN. begitu ramai sekali yang tahu apa yang dikatakan riyak dan keakuan malah terlalu ahli dalam ilmu ini, tetapi berapa ramai yang tahu cara-cara mahu membuang sifat ini didalam diri sendiri? tentunya perlu belajar pada orang yang ada pengalaman dalam perkara ini. oh ya, bagaimana caranya untuk memberitahu air kopi susu itu ada rasa manisnya gula kepada orang yang tidak tahu apa manisnya gula itu. ianya hanya menjadi mudah apabila orang itu sudah tahu rasa manisnya gula itu, apabila sudah tahu rasanya manis itu, tentunya sudah dapat membezakan yang mana manisnya gula, yang mana manisnya susu dan yang mana rasanya kopi. jadinya sudah tahu manisnya gula, tentu mudah memberitahu bentuk gula. jadi kalau diberiakan objek lain dan dirasainya pasti ia tahu yang itu adalah gula atau sebaliknya. akhir sekali hadis nabi ada menyatakan JANGAN KAMU KATAKAN ILMU HIKMAH ITU KEPADA BUKAN AHLINYA MAKA ENGKAU ZALIM AKAN DIA, DAN JANGAN KAMU TEGAHKAN IA AKAN AHLINYA MAKA ZALIM KAMU AKAN MEREKA ITU.
    maaf ini hanya pandangan peribadi saya yang jahil, kalau ada yang salah tolong ajarkan saya.
    wassalam.

  6. mas setyo aswb….laku ada dua mas yaitu shirothol mustaqim yang mendapat nikamat dab rahmath,laku kedua yaitu shirothol mustaqim yang mendapat laknat atau dholim. nah memang kita manusia dibebaskan untuk memilihnya silahkan mas yang mana anda pilih???? itu tidak mungkin dicampur aduk karena ada larangannya….silahkan …salam…salam….salam

  7. Klu mnurut saya, ini di ibaratkan kita mw bkin kue.. Di satu kue it ad brbgai mcam bhan.. Prtma, bli bhan2ny..(syari’at). Kdua, mengomposisikan bhan2ny (tarikat). ktga, mengolah dgn sdemikian rupa agar mnjadi kue yg enak(hakekat) dan jadilah kue it (ma’rifatullah).. Tp syang g sesimpel bkin kue.. Maaf mungkin pengibaratan ini salah mnurut sampeyan2 yg lbih tau.. Wassalam..

  8. marifatullah=mengenal Allah. bagaimana kita bisa sambung ke Allah, sementara kita belum kenal Allah?

  9. Makrifat, mengenal ALLAH, ALLAH itu satu, sedangkan kita kalo mau mengenal, berarti ada yang mengenal dan ada yang dikenal, berarti jadi 2. tidak perlu mencari, lakukan kehidupan dengan kebaikan

  10. sambungan……. kebaikan, maksudnya jangan sekali kali ada dalam hati kejahatan,, contoh : iri, dengki, bohong, mencuri, menfitna, dll. apa saja yg berbau kejahatan, kemasiatan.. jangan dilakukan. karena ALLAH suci,, kalo kita menjalani dengan baik.. insyaallah akan terbuka rahasia ALLAH.

  11. kuncinya dalam diri kita????? ALLAH berkata AKU ADALAH ENGKAU ENGKAU ADALAH AKU,, itulah yang namanya Tuhan itu satu,, tidak ada yang mengenal dan tidak ada yang dikenal” semua ada dalam diri kita

  12. Asslamu’alaikum warahmatuLLAHiwabarakatuh.

    Mohon jika menyampaikan suatu yang penting di bidang agama Islam , sertakan juga ayat mana dalam Al-Qur’an yang sesuai dengan yang Anda sampaikan. Karena ilmu Tasawuf bukanlah berakar dari ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad SAW. Namun lebih tepatnya berasal dari peradaban Yunani; tokohnya adalah Plato dan Aristoteles. Namun untuk istilah insan yang ber-“taqwa” sudah jelas di dalam al-qur’an. Itulah derajad manusia yang tertinggi di sisi Allah SWT. Bukan Makrifatullah.

  13. Alhamdullilllah… Makrifatullah Mengenal Allah Ta’Ala adalah ilmu Rahasia Allah Ta’Ala dan harus tetap terjaga KeRahasiannya, Yang bisa menjaga Ilmu Rahasia Allah Ta’Ala Dia Lah yang paling Mulia di sisi Nya.

  14. hakikatNya manusia tidak ada daya dan upaya, manusia dilahirkan oleh Tuhannya ke dunia hanya untuk satu tujuan adalah mengelola hawa nafsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *