makrifat adalah ilmu dasar dan ilmu wajib yang harus dipelajari oleh setiap muslim. beragama tanpa makrifat ibarat naik kendaraan api tidak tahukemana  tujuannya.

orang banyak ketakutan ketika belajar makrifat, yang ditakutkan adalah kesesatan dalam belajar, sehingga banyak yang menyarankan jika ingin belajar makrifat  harus mencari guru yang benar benar bersih…. keturunan kyai atau habib… dan punya kesaktian…. wah pasti susah mencari guru seperti ini. koreksi terhadap pemahaman seperti ini adalah bahwa  guru spiritual tidak bisa menjamin muridnya untuk selamat atau masuk surga, sebersih apapun sehebat apapun tetap tidak bisa jamin muridnya akan selamat. koreksi yang kedua kenapa yang ditekankan ketika belajar makrifat bukan menuju ke Allahnya tapi harus mencari GURU SUCI nya, menurut saya ini adalah kesalahan fatal.

dalam belajar makrifat yang paling menjadi penekanan adalah “bersama Allah” kalau kita sudah sambung ke Allah dan kita yakin bahwa allah menuntun kita maka Syetan pun tidak mampu menggoda, demikian juga nafsu kita tidak akan dapat mengganggu kita.

belajar makrifat harus dengan Allah,dan perlu kita ketahui bahwa tidak ada yang dapat mengenalkan Allah kepada diri kita kecuali Allahitu  sendiri yang memperkenalkan DiriNya kepada kita. ini adalah kunci belajar makrifat. jadi jangan takut kepada yang namanya syetan…. kita tidak perlu yakin kalau syetan dapat mengalahkan kita, yang kita yakini adalah Allah selalu melindungi kita dan memproteksi kita jika kita selalu bersama Allah.