Kenapa tidak perlu tafsir Al Quran

Coba buka surat al Baqoroh ayat ayat awal. disana disebutkan bahwa inilah kitab yang di dalamnya tidak ada keraguan yang dapat menjadi petunjuk bagi orang yang bertaqwa. jadi Quran sendiri (Allah SWT) sudah menjamin bahwa Al quran tidak perlu tafsir karena Allah akan menjelaskan sendiri tetang isi Al Quran. jadi menurut hemat saya tidak ada salahnya jika anda mulai belajar langsung dengan al quran dan tinggalkan tafsir tafsir al quran. Al Quran akan sangat jelas sebagai petunjuk bukan sebagai sekedar ilmu yang penuh penafsiran. Al Quran ini sangat jelas. memang kejelasan al quran ini tidak sembarang orang bisa memahami , di ayat selanjutnya disebutkan bahwa huda lil muttaqin yaitu bagi mereka yang bertaqwa. nah orang bertaqwa ini bukan orang yang hanya mencari ilmu di dalam al quran tapi benar benar ada sikap patuh kepada Allah dan menjalankan semua yang menjadi kehendakknya. Jika kita demikian ada niatan untuk menjalankan petunjuk maka al quran akan sangat jelas memberikan petunjuk. tapi jika quran hanya sebagai untuk mendapakan ilmu maka quran akan menjadi bahan perdebatan yang tiada habisnya. Quran sebagai ilmu sudah terbukti membuat islam ini menjadi rumit dan njlimet. padahal ya kalau dijalankan sangat sederhana.

Anehnya Al Quran adalah dia quran akan menjelaskan jika kita memang mencari petunjuk. Quran seperti bicara dengan kita apa yang sebenarnya di kehendaki Allah pada diri kita. ini dapat anda buktikan. silahkan buka al quran kata perkata kemudian pahami arti tiap kata dan kemudian baca ayat demi ayat dari arti perkata yang sudah kita pahami. maka ketika membaca ayat tersebut akan jelas apa perintah Allah. sekali lagi kunci memahami al quran adalah niat mencari petunjuk Allah ini yang harus diperhatikan.

kelanjutan ayat berikutnya adalah tentang ciri ciri orang taqwa yang adalah mereka yang percaya dengan yang ghoib artinya orang taqwa itu lebih mengandalkan kesadarannya dari pada otak logisnya. Kalau kita menggunakan kesadaran tentang yang ghoib misalnya tentang Allah, kehendak Allah, balasan Allah dan lain sebagainya maka kita akan diberi petunjuk nmelalui al quran tentang apa apa yang terkandung di dalamnya. neraka begitu jelas, surga begitu jelas, pahala sedekah , shalat dan kabar gembira semua jelas jika kita percaya kepada yang ghoib.

yang kedua adalah dari ciri orang taqw adalah mendirikan shalat atau menegakkan shalat dalam kehidupan sehari hari itu artinya bahwa jika kita ingin mudah memahami al quran maka kita harus mengaplikasikan shalat dalam keseharian baik itu sujud, rukuk, dan lainnya. dan Ciri taqwa yang terakhir adalah menginfakkan hartanya yang telah di berikan kepada kita.

baik silahkan buka lagi al baqoroh ayat 2 maka kita akan sadar bahwa memang al quran tidak perlu tafsir tafsir, lha terus bagaimana jika tidak paham, jika tidak paham lewati saja ayat tersebut, teruslah ke ayat berikutnya tangkap perintah Allah apa, mohonlah petunjuk kepada Allah tentang ayat tersebut.

ya tulisan saya ini memang terlalu berani. Ada alasan utama yaitu bahwa al Quran didalam memberikan petunjuk (dari Allah) sangat individual sekali. Misalnya perintah sedekah di dalam al quran sangat individual sekali. Si A bisa diminta sedekah 10ribu si B bisa diminta sedekah 20 ribu. padahal ayat nya sama. kalau anda tergantung dengan tafsir maka petunjuk itu terkotak pada apa yang diilhamkan pada penafsir tersebutm yang bisa jadi tidak sesuai dengan diri anda.

tulisan ini juga akan menjadi jalan pintas bagi siapapun untuk lebih mudah dalam mendalami al quran, tidak perlu ustad apalagi ahli tafsir untuk dapat memahami al quran. Dan tentunya jika tulisan saya ini diterapkan maka umat islam akan lebih mencinta al quran dan senang untuk melihat lihat apa petunjuk allah di alquran dari waktu ke waktu. Umat islam akan membuka al quran ketika dia risau, tanpa perlu pergi ke ustad atau kyai atau ahli tafsir. umat islam akan langsung meminta petunjuk Allah melalui al quran. dan yang pasti al quran tidak hanya menjadi alat bacaan dan hafalan saja tapi benar benar menadi petunjuk hidup.

saya membuat program berkomunikasi dengan al quran isnya allah pelatihan pelatihan akan saya adakan di daerah daerah lain bahkan saya juga sudah menylenggarakan webinar (seminar melalui web) tentan berkomunikasi dengan Al Quran. sembarang pertanyaan dan diskusi silahkan di sampaikan di kolom koment dibawah ini . salam Al quran akan sangat jelas memberi petunjuk jika

3 thoughts on “Kenapa tidak perlu tafsir Al Quran

    • surabaya ada pak, dengan mas john donie silahakn nama beliau di search di facebook kemudian japri beliau

  1. Saya pernah pengalaman, saat dulu saya dhadapi suatu mslh, dgn hati ikhlas, pasrah, sadar, sy minta petunjuk dgn alquran yang akan sy baca, setelah sy baca alquran dan terjemahannya, tiba d 1 halaman, di 1 ayat yang bs menjawab pmasalahan sy td, berbeda dgn sy baca hanya sekedar membaca. Alhamdulillah
    Perkenalkan sy hamba Allah dr Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *