kenapa waliyullah kok cuma sedikit????

ini memang manusianya yang nggak mau jadi wali atau memang allah yang menghendakki demikian. saya heran mengapa juga para ustadz dan kyai banyak yang berpendapat bahwa satu jaman hanya ada satu wali… apa ya dasarnya…. jadi kalau sudah ada apa tidak ada kesempatan untuk mendaftar menjadi waliyullah… kadang ini membuat menjadi pesimis ya kalau sudah ada wali sudah tertutup bagi kita untuk bisa menyamainya….

he he atau kalau saya suudzan apa idealisme yang seperti ini yang ¬†ditanamkan oleh mereka yang mangaku wali agar kewaliannya tidak tersaingi…. ya suudzan ini mungkin sangat kurang ajar… tapi ya mungkin saja kan.

bagaimana ya kalau seandainya kita yanya saja ke allah apakah benar keikasih allah setiap jaman hanya ada satu . kalau benar demikian berarti allah pilih kasih juga ya… padahal di dalam ayat ayat di quran memberikan kesempatan seluas luasnya kepada setiap hambanya untuk menjadi kekasih Allah.

nah sekarang berarti yang salah siapa Allah kah yang pilih kasih atau para kyai dan ustad yang menganggap bahwa wali itu hanya satu….

sebeanrnya juga kalau ditanya lebih lanjut bahwa tidak ada yang tahu bahwa dirinya wali atau bukan, yang tahu hanya Allah so… jangan mengaku ngaku jadi wali… apalagi menganggap sok tahu bahwa wali itu cuma sedikit ….. semua berhak… dan semua diberi kesempatan oleh allah untuk menjadi waliyullah atau kekasih allah. semoga kita semua bisa menjadi waliyullah dengan kadar cinta kepada allah amiin amiin…

9 thoughts on “kenapa waliyullah kok cuma sedikit????

    • betul mas spakat aku mas karna klo di batasi wali allah berarti lemah dong allah kmaka allah maha hilang maha nya klo begitu. menurut saya pada dasarnya semua manusia itu wali allah bergantung mengerti atau tdak nya aja org dgan dirinya banyak ayat yg menyatakan tentang itu jdi bergantung fahamnya dan pembelajaranya aja cuman sayang banyak org terpengaruh dgan film wali songo aja jdi menjadi kan tdak percaya diri .banyak sekali org memakai tolak ukur dgan perbandingan film itu .sehingga al quran yg seharusnya jdi tolak ukur hampir terlupakan .banyak org belajar menuntut ilmu .marifat maupun tasawuf hanya ingin mengejar bisa ini .bisa itu…sehingga lpa akan koreksi akan ke benaran yg ada pada al quran …semoga kita semua di berikan jalan ke arah sana …wasalam

  1. Sepengetahuan eyang (pernah membaca) ,Bila jagat khabir itu dunia maka jagat shagir adalah badan kita sendiri, seperti 2/3 dunia adalah air tidak berbeda dengan badan kita 2/3 adalah air, 5 benua bisa diartikan 5 indra (panca indera) dll.

    hitungan wali 9 dalam tubuh kita adalah adanya

    2 lobang air mata
    2 lobang hidung
    2 lobang telinga
    1 lobang mulut
    1 lobang kencing
    1 lobang dubur
    maka jumlah ada 9 lobang,

    sedangkan kita tahu diluar lobang yang 9 tearsebut masih ada lobang pori2 yang kita tidak tahu berapa banyak jumlahnya dan lobang lainnya yang jumlah dan letaknya kita kurang mengetahuinya bahkan tidak kita tahu.

    dari keterangan diatas tadi bisa disimpulkan bahwa Wali yang paling terkenal dan melekat di fikiran kita ada 9 karena jasanya dalam penyebaran Islam di indonesia.
    sedangkan diluar wali 9 masih banyak waliyullah yang lain hanya kita kurang mengenalnya ataupun karena ke tidak tahuan, kita menganggapnya sebagai orang biasa.

    mungkin itu mas sehingga waliyullah sepertinya hanya sedikit sekali.

    Kurang atau lebihnya saya mohon maaf

    wassalam

  2. ah,masa ada to pak pur kyai ato ustadz yg bilang begitu?kalo dah baca2 buku sufi pasti semua dah pada tau kalo wali itu banyak?liat aja karya2 ibnu arabi dll,ato biar gampangnya baca aja di SUFINEWS tentang hierarki kewalian

  3. jaman sekarang susah menemukan wali..dan saya pikir wali jaman sekarang dengan jaman dulu juga berbeda.. karena jamannya juga berbeda..

  4. hehe..betul pak pratama..karna panjenengan sama dengan saya,sama2 bukan wali, jadi susah menemukan wali,hehe..
    kalopun ada referensi dari seseorang tentang si A adalah wali belum tentu kita percaya/menerima,bhkan mungkin menolak,ah..mana mungkin si A wali soalnya si A itu suka pegang HP dan laptop!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *