kenapa yoga lebih diminat dari pada sholat

kita akui bahwa yoga lebih diminati oleh orang dari pada sholat, orang lebih bisa berbahagia hatinya, tenang jiwanya tidak dengan sholat namun dengan yoga. pertanyaan kita mengapa? karena dari segi menfaat praktisnya yoga lebih terasa atau berefek, yoga yang dari agama budha diakui secara universal bahwa orang ber yoga tanpa harus masuk agama budha (jadi lebih rahmatan lil alamin…kan)…
nah kenapa sholat tidak menarik, …pertama banyak orang sholat tidak banyak berubah akhlaknya… jadi sholat tidak membawa pengaruh apa apa, kemudian orang sholat harus masuk islam dulu (padahal tidak ada larangan kan ya).
kalau saya melihat bukan dari sisi teori kalau teori jelas sholat ada meditasi tertinggi, namun kenapa di lapangan atau kenyataan banyak orang yang tidak tertarik dengan sholat. jawaban nya adalah kalau orang yoga sangat tumakninah dalam melakukan posisi posisi yoga kalau orang sholat tidak ada tumakninahnya sama sekali.sehingga kehebatan sholat tidak ada dan kalah dengan yoga … karena ya itu tadi yoga lebih tumakninah…
saya yakin jika sholat dilakukan dengan tumakninah maka sholat akan lebih hebat dari pada yoga

4 thoughts on “kenapa yoga lebih diminat dari pada sholat

  1. iya benar ustad, tumakninah jaman sekarang ini
    seperti sesuatu yang langkah. Saya sering coba praktekkan shalat sunnah dengan tumakninah di masjid, ternyata saya pulang paling akhir, karena jamaah yang lain shalatnya sudah selesai dan pulang duluan. saya merasa seperti asing di mata mereka.

  2. hal itu dulu pernah saya alami pak pur…..saat saya senang kesana kemari untuk berburu ilmu (metode) untuk memperoleh ketenangan bathin, rileksasi pikiran dan diri, serta untuk memberdayakan diri melalui olah napas melalui metode meditasi maupun YOGA….wuih..emang dapat manfaatnya…tenaang banget….asiik banget…praktiisss banget….sampe2 setiap ada waktu luang saya pake untuk jalanin metode2 tsb….

    Alhamdulillah saya diingetin oleh Alloh utk berpikir bahwa…kenapa kalo shalat ga kayak gitu yaa…pikiran tambah semrawut….pengennyaa cepet selesai…..dan paling enak jalanin metode yg tadi aja….he..he….

    akhirnya lama kelamaan saya semakin tersiksa…seperti ada yg ga bisa terima dg kondsi ini….alhamdulillah Alloh membimbing saya ketemu dngan Ustadz Abu melalui Buku BERGURU KEPADA ALLAH dengan cara PATRAP (waktu itu di MAlang pertama kali)

    padahal unsur2 dalam meditasi / YOGA juga ada dlam shalat…bahkan lebih lengkap…..dan plus+plus…

    dalam YOGA/Meditasi ada unsur :
    1. Rileksasi sebagai sarana awal ato persiapan
    2. MANTRA sebagai sarana fokus atau obyek
    (konsentrasi) supaya pikiran ga melancong
    jauh, hal itu bisa diubah dengan
    memperhatikan keadaan tubuh ataupun
    napas….sampai bener2 membuat suatu
    ketenangan
    3. HENING adalah suatu kondisi yg diraih

    nah kalo di shalat khan semuanya juga ada, bahkan malah ga tanggung2, langsung mengajak ato sebagai sarana untuk mengarahkan kesadaran ke yang lebih TINGGI (sumber dari segala sumber)

    persamaan meditasi, YOGA dengan shalat adalah mengarahkan suatu kesadaran….cuman berbeda dalam praktek…..
    kalo di shalat bukan kesadaran kepada napas, bukan kesadaran kepada tubuh…bukan kesadaran kepada ketenangan…bukan kesadaran kepada kebahagiaan….TAPI lebih daripada itu semua….yaitu kesadaran kepada yang memberi ketenangan,,,kesadaran kepada yang memberi napas kepada kita, kesadaran kepada yang memberi kebahagiaan….DIA lah sumber dari segala sumber…..ALLOH……

    untuk bisa ngerasain nikmatnya shalat adalah TUMAKNINAH….sangat diperlukan…kalo dlm meditasi / YOGA keadaan rileks…tenang sangat diperlukan…..

    jadi SAMA tapi BEDA….

    mohon koereksi pak pur

  3. kalo dibanding dngan YOGA…padahal gerakan dalam shalat juga :
    1. lebih RINGKES,
    2. SIMPEL,
    3. SINGKAT (BErdiri, Rukuk, Sujud, I’tidal,)
    4.TIDAK MEMERLUKAN KELENTURAN TUBUH secara khusus (mengingat begitu banyak gerakan2 YOGA)
    5. sama2 bisa untuk olah raga ringan (dan udah ada yang meneliti dalam keilmuan CHIKUNG maupun YOGA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *