keretakan rumah tangga

mungkin ini topik baru di blog saya, munculnya ide ini karena banyaknya kasus yang saya tangani adalah masalah rumah tangga.

ada beberapa hal yang menyebabkan keretakan rumah tangga faktor paling menentukan adalah faktor perbedaan. faktor tersebut:

1. faktor usia : usia yang terlalu njomplang  bisa menyebabkan keretakan hal ini disebabkan karena perbedaaan kejiwaan dari masing masing suami maupun istri sebagai misal perbedaan usia terpaut 20 an tahun yang satu masih penuh ceria namun satunya penuh kedewasaan. yang satunya masih membawa  ke ABG an yang satunya sudah membawa sifat ketuaan // sopan santun unggah ungguh ….yang satunya masih senang boso ngoko yang satunya kromo inggilan terus…nah perbedaan perbedaan yang sangat mencolok ini secara tidak disadari akan terbawa selama berumah tangga sehingga akan sangat mungkin terjadinya keretakan dalam rumah tangga.

2. masalah ekonomi dari masing masing keluarga besar

yang satu dari keluarga pas pasan tapi yang satunya keluarga kaya raya dan semua trahnya anggota nya semua kaya semua. secara ekonomi memang iya bahwa yang ekonominya lemah akan terangkat dengan mendapat jodoh ekonomi tinggi, berbagai kemewahan hidup yang sebelumnya tidak diperoleh sekarang diperoleh nya dengan mudah. tapi ada hal lain yang tetap menjadikan masalah ketka harta menjadi acuan maka pasti akan ada hal yang dikorbankan yaitu harga diri. bagi keluarga tidak mampu yang tidak begitu peduli dengan harga diri maka ini tidak menjadikan masalah “menukarkannya dengan harta” namun bagi keluarga yang  nilai harga diri lebih tinggi dari harta ini yang nanti nya bikin masalah dalam rumah tangga. karena biasanya pihak yang kaya memliki egoisme tinggi dan kadang agak sombong dengan hartanya sehingga kemungkinan merendahkan kepada pasangan keluarga sangat mungkin terjadi … dan ini menjadi bom waktu bagi keluarga yang disiasiakan untk membebaskan diri dari belenggu ….

3.  background keluarga

dasar rumah tangga  harmonis adalah kesesuaian  terutama latar belakang masing masing pihak. sebagai contoh satunya dari keluarga ningrat yang satunya dari keluarga santri… pasti dari sistem pendidikannya, sistem pergaulannya, pola berpikir, ekonomi… dsb akan terjadi perbedaan yang sangat mencolok.. dan tentunya perselisihan perselisihan kecil akan sering terjadi dalam rumah tangga dan jika ini masing masing tidak saling memahami maka akan menjadi bom waktu yang siap menerkam keutuhan rumah tangga.

tiga hal di atas seharusnya bisa di atasi bila masing masing bila saling berkompromi, jika yang berkompromi dari satu pihak tetap tidak bisa. misalnya dari keluarga ekonomi pas pasan selalu ngalah .. ngalah maka tetap memori sakit hati itu tetap tersimpan dan sekali lagi tinggal nunggu waktu..

terjadinya perselingkuhan sangat mungkin disebabkan karena ketidaknyamanan dalam rumah tangga. ada kebutuhan kebutuhan terutama psikis yang jarang di perhatikan oleh suami ataupun istri. jika kita melihat kalau sudah dengan harta cukup maka kita akan kecelik .. ternyata.. harta saja tidak cukup.