Kerja kita harus kita konsep amanah

kERJA KITA HARUS KITA KONSEP AMANAH 

Oleh Setiyo Purwanto

 

Kerja atau bekerja adalah : kata kerja, dalam konsep amanah kata kerja adalah perintah bukan amanah. Jadi bekerja atau kerja bukanlah amanah, tapi perintah. Terus perintahnya apa dalam bekerja. Pertanyaan ini sangat penting untuk saya jelaskan selain banyak pertanyaan juga sangat bermanfaat untuk menambah motivasi atau semangat dalam bekerja.

Amanah dalam bekerja dapat kita temukan dengan memahami sebagai apa kita bekerja, misalnya sebagai pedagang, amanah sebagai pedagang berarti perintahnya adalah berdagang. Amanah sebagai guru perintahnya adalah mengajar. Sebagai pegawai negeri secara umum perintahnya adalah melayani masyarakat, bisa di buat lebih khusus lagi dengan mengentahui pegawai negeri jabatannya apa, misalnya jabatannya adalah bidang keuangan maka petintahnya adalah mencatat dengan baik keluar masuknya keuangan, dan seterusnya.

Dari konsep amanah ini tidak ada amanah atau perintah untuk mencari uang. Memang dalam bekerja jika kita konsep amanah tidak ada yang mecari uang. Dalam islam pun tidak ada perintah untuk mencari uang. motivasi mencari uang dalam bekerja akan mengaburkan tauhid, sebab kita bekerja adalah menjalankan amanah dari Allah, sedangkan pula Allah tidak memerintahkan kita untuk mencari uang. Mencari uang dan dzikir nafas tidak akan pernah ketemu. Tapi kalau kita bekerja untuk menjalankan amanah yang di berikan kepada kita maka akan sambung antara dzkir nafas yang lurus atau sadar Allah , dengan amanah yang yaitu melakukan sesuatu menjalankan perintah Allah. Hal ini dapat meningkatkan motivasi kerja kita, minimal konflik batin bisa dikurangi, kita akan bekerja lembur siang dan malam ibaratnya banting tulang, akan memberikan kebahagiaan yang hakiki karena kerja siang dan malam, banting tulang adalah bernilai amanah dan ibadah.

di dalam kita menjalankan perintah Allah dalam amanah yang kita emban yaitu dalam hal bekerja akan sejalan dengan dzikir nafas yang kita jalankan. Semakin level dzikir nafas kita tinggi maka semakin tinggi pula bekerjanya. Semakin kita rajin berdzikir nafas maka semakin rajin pula kita bekerja. Waktu tidak ada yang terbuang sia sia jika kita mengonsep bekerja sebagai menjalankan perintah Allah. Kita berbuat sia sia sedikita saja Allah mengingatkan melalui hati kita, hei ini perbuatan tidak ada amanahnya, segera hentikan dan beralihlah pada pekerjaan yang bermanfaat dan mengandung unsur amanah.

Dengan mengkonsep amanah dalam bekerja akan timbul keihlasan dalam hati sehingga tubuh tidak mudah capek, dan selalu aktif. Apa yang ia kerjakan sesuai dengan apa yang di yakininya. Perintah bekerja adalah perintah Allah SWT