Kesalahan bermakrifat

Salahnya sangat sederhana tapi fatal, gara gara sudah mengenal Allah secara ruhaniah kemudian menghentikan aktivitas sholatnya atau amal ibadah wajib lainnya. Ingat bahwa kita terdiri dari dua unsur yaitu jasad dan Ruh, yang mengenal itu bukan jasad yang mengenal itu adalah Ruh, sedangkan yang sholat bukanlah Ruh saja tapi juga ¬†jasad. jadi meski sudah mengenal Allah tetap saja harus sholat. Di sini, beberapa aliran makrifat di solo ¬†ada yang mengaku sudah mengenal Allah terus meninggalkan sholat… wah ini parah.

orang baru boleh tidak sholat lagi jika antara jasad dan Ruh sudah terpisah, alias kalau sudah mati.

Jika orang tidak memahami unsur dalam diri ini maka dianggapnya bahwa ketika sudah mengenal Allah maka tidak perlu lagi sholat. Untuk apa sholat toh sholat tujuannya untuk mengenal Allah. Kalau sudah bisa ingat kepada Allah untuk apa Sholat toh sholat tujuannya untuk mengingat Allah. inilah kesalahan orang dalam bermakrifat kepada Allah, pokoknya selama kita ada jasad dan masih bersatu dengan Ruh maka kewajiban kewajiban yang dilakukan jasad harus di lakukan seperti apa yang dicontohkan Rasulullah SAW.

nah Fungsi makrifat sebenarnya adalah untuk beribadah, bukan setelah bermakrifat malah meninggalkan ibadah. Dengan bermakrifat maka ibadah kita benar benar dengan makrifat , coba bedakan dengan orang yang beribadah tapi tidak bermakrifat, pasti lain kan. kalau kita berbibadah dengan mengenal Allah atau bermakrifat kepada Allah maka ibadah kita akan khusyu. tapi jika beribadah tidak bermakrifat pasti tidak akan khusyu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “Kesalahan bermakrifat

  1. assalamualaikum wr wb, ustadz
    Di masyarakat sini, saya juga mengenal seseorang yg memegang teguh ilmu makrifat,terus terang wawasan saya terbuka lebar saat mengenal dia.yang saya gk sreg dia mengatakan, adakah keikhlasan bagi syariat? karena keiklasan tidak ada bila diawali dengan ‘perintah’. Saya pribadi berprinsip keiklasan saya adalah keikhlasan menjalankan perintah2 Allah,bagaimana cara memberi dia pengertian, bagaimanapun dia adalah teman saya.Terimakasih atas jawabannya. Wassalamualaikum wr wb

  2. Setuju 1000%, Rosul saja yg sdh jaminan surga masih sholat masa manusia biasa yg katanya sdh makrifat jdi gk sholat kan aneh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *