kesulitan hidup tidak akan mendatangkan kebahagiaan

“Tuhanku, Kini ku mengerti, aku menjadi jiwa yang damai, bukan karena aku berhasil memadamkan semua kontradiksi di dalam diriku, tetapi karena aku justru menggunakan kegelisahan hatiku untuk menjadikanku lebih sabar dan lebih mengerti maksud di balik kesulitan yang kau hamparkan sebagai jalan naikku. Tuhanku, Aku mohon Engkau mendamaikanku, atau menggelisahkanku dengan kesulitan yang memuliakanku. Amien”

demikian penggalan doa dari seorang motivator…. saya sangat tertarik dengan kalimat terakhir yaitu dengan memohon kepada Tuhan agar “didamaikan hatiku”, namun ada kalimat yang menyertainya yaitu “dengan kesulitan”. baik menurut hukum pikiran bahwa apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi, dalam kalimat “dengan kesulitan” penggalan kalimat ini bertolak belakang dengan keinginan orang tersebut dalam berdoa yaitu menginginkan kebahagiaan.

baik, kalau saya, maka sebelum berdoa sesuatu yang “sulit” harus kita ubah menjadi positif misalnya dengan “pelajaran hidup”, “tantangan hidup” atau kalimat kalaimat lainnya yang lebih positif. sehingga apa yang diucapkan dalam doa akan sejalan dengan pikiran dari apa yang sedang dihadapi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “kesulitan hidup tidak akan mendatangkan kebahagiaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *