kesurupan

maanusia memiliki potensi untuk hilang kesadarannya seperti dalam kasus tidur, pingsan, trance, hipnotis dan keadaan tidak sadar lainnya. ada yang hilang sama sekali ada yang berubah kesadarannya. kesadaran yang ser berubah inilah yang berubah sering kita sebut dengan kesurupan, berubah jadi apa? bukan berubah karena jin atau syetan namun karena pikiran bawah sadarnya. kasus kasus kesurupan sangat dipengaruhi budaya setempat ini berarti ada kaitan antara budaya nenek moyang denagan kesurupan.

0 thoughts on “kesurupan

  1. ass pak pur, ngomong-omong kesurupan, kamearin dulu waktu kita ada acara pengenalan shalat khusyu di beteng vredeburg, ada salah satu peserta yang kesurupan, disuruh shilatun dan tunduk ke Allah tidak mau, malah yang ‘ngangslupi’ teriak-teriak suruh menyembah dia, kok bisa ya? Menurut ilmu psikologi, fenomena apa ini pak pur?
    nuwun shalatkhusyu.wordpress.com

  2. akhir2 ini di televisi sering disiarkan adanya kesurupan massal di berbagai sekolah setelah adanya rehap bangunan sekolah tersebut.
    Bisa dijelaskan lebih lanjut pak mengenai ini, matur nuwun.

  3. mas agus itu namanya kesurupan… kesurupan ada dua ada unsur yaitu lingkungan dan diri kita, seperti halnya hipnotis ada dua yaitu yang menghipnotis dan adayang dihipnotis. pada kasus tersebut jamaah secara bebas masuk dalam alam bawah sadar.. yang sebenarnya tidak dibenarkan ketika kita shilatun (patrap) mungkin saat itu jamaah yang bersangkutan tidak tahu atau belum paham tentang shilatun (patrap) lebih sehingga mudah terbawa alam bawah sadarnya, nah terlebih pelaksanaan silatun di beteng tua peningggalan belanda dan dekat kraton… lingkungan ini kan memicu memori bawah sadarnya bawah tempat tersebut angker , pikiran inilah yang menimbulkan kesurupan.
    mas hardi: perubahan lingkungan tentunya akan merubah suasana, nah perubahan suasana inilah yang ada dalam alam bawah sadar bahwa yang tunggu sekolah pasti marah, persis kalau ada pohon besar yang ditebang pasti yang tunggu marah… konsep bawah sadar seperti inilah yang menyebabkan munculnya kesurupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *