Ketika anda menemukan Ide

Apa yang harus kita lakukan ketika kita menemukan sebuah ide, baik saya akan sharingkan langkah langkah etika kita mendapatkan ide

  1. di tulis apa adanya : ya … anda cukup menuliskan apa adanya di kertas atau di note atau di HP , untuk awal ini anda cukup menuliskan apa adanya tidak perlu tata bahasa apalagi bahasa ilmiah, cukup bahasa yang penting anda paham. Kegunaan pencatatan awal ini adalah untuk meng anchor , detil ide tersebut. Kalau kita tidak mencatat maka akan lupa. kadang selang beberapa detik saja ide tersebut akan lenyap dan kita susah untuk mengingat kembali. Selain itu pencatatan awal ini berguna untuk menyimpan “daya” semangat atau daya insight yang muncul ketika ide itu muncul. nah catatan itu seperti rak lah, yang menyimpan apa apa yang kita dapatkan.
  2. Kemudian Ide itu harus anda cari pendukungngya, misalnya al quran , atau penemuan dari ilmuwan lain, atau pendapat pendapat yang dapat mendukung kebenaran dari ide anda. Sebab ide itu baru sebatas statement, jadi orang bisa tidak percaya dengan apa yang kita idekan. Agar orang lain percaya dengan ide kita maka ide itu harus dicari pendukungnya agar orang lain percaya dengan ide ide  kita.
  3. menuliskan dalam bentuk yang mudah dicerna oleh pembaca. misalnya di awali dengan latar belakang, isi dan penutup atau kesimpulan. Urutan anda menyampaikan dalam urutan logika yang benar akan dapat menambah keyakinan pembaca untuk mengikuti pendapat atau ide tadi.
  4. kalau perlu dibuat semacam polling ini tersedia di facebook, telegram atau google. Polling ini semacam kuesioner yang diisi oleh responden atau subjek dimana hasilnya ini kita wujudkan dalam bentuk tabel sebagai tambahan uraian ide. Kalau sudah  bicara tentang statistik dari penelitian melalui polling maka ide anda tidak akan terbantahkan lagi. dan akan sangat kuat argumentasinya.

Ide kita tidak untuk kita, ide kita untuk manfaat banyak orang, itulah yang namanya balighu ani walau ayah, sampaikan kepada publik meski satu ayat, atau satu ide atau satu penemuan. Tapi dengan cara yang bil hikmah atau dengan cara yang dapat diterima oleh publik, salah satunya adalah dengan penulisan yang argumentatif .

selamat berdakwah dengan ide ide yang Allah ilhamkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.