Kita amanah islam berubah

Islam sejak awal simpel, tidak ada berbagai macam ilmu, tidak ada berbagai istilah istilah yang bikin ruwet. Sudahlah mari kita bawa islam ini kedalam suatu perubahan yang nyata. Sejak jaman ibnu rusdi sampai sekarang islam tidak pernah mencapai kejayaan lagi, selalu tenggelam dan tenggelam. Kita harus jujur dengan keadaan ini. Kenapa kita tidak mengambil pelajaran bahwa perjuangan palestina belum menemui titik terang, Iraq, syria, afghanistan dan beberapa negara islam semakin tidak jelas lagi semakin hilang dari berita kebaikan. Kalau kita berkaca hal itu seharusnya kit semakin sadar bahwa islam yang ada sekarang butuh perubahan nyata.

Kita ini banyak mengamalkan islam secara serampangan, tidak memperhatikan ajaran secara logis dengan akal pikiran. Beberapa kali saya mendapatkan SMS atau WA tentang membaca surat al quran sekian kali dan beberapa wirid shalawat akan membantu perjuangan rakyat palestina. pernyataan itu kan sangat tidak sesuai dengan ajaran islam. masak iya hanya membaca saja bisa membantu perjuangan palestina ? Dan kenyataannya memang tidak benar, sebab palestina tidak pernah terbantu, bahkan wilayahnya semakin di pakai israel, dan masih banyak lagi hal yang tidak wajar tidak logis, yang masih saja tidak menjadi pelajaran umat islam.

menempatkan ajaran islam sesuai fungsinya harus kita fahami bersama, misalnya Al quran bukan untuk di baca baca doang, tapi di fahami isinya dan di amalkan, wirid wirid tidak hanya banyak banyakan jumlah tapi bagaimana bacaan itu benar benar menghubungkan kita kepada Allah dan isinya bisa terinstal dalam alam kesadaran kita. jadi ibadah adalah pengabdian kepada Allah. nah untuk perubahan sosial perubahan nyata maka tidak cukup hanya ibadah dan membaca ini dan itu, tapi harus bertindak, harus berbuat. Dalam bentuak apa perbuatan itu , ya dalam bentuk menajalankan AMANAH. Satu kata ini saja tidak banyak banyak, ingat bahwa islam ini simpel tidak ruwet. Cukup dengan amanah yang diberikan kepada kita kerjakan dengan sungguh sungguh maka islam akan berubah.

Untuk merubah islam ini tidak perlu menjadi ustad yang punya banyak jamaah, tidak harus jadi pajabat yang punya bawahan atau harus jadi santri dulu yang puya sudang ilmu pengetahun tentang islam, tapi cukup satu asaja karakter yang ada yaitu al amin atau dapat dipercaya. Rasulullah dengan gelarnya Al Amin berarti beliau ini dalam kehidupannya dapat dipercaya oleh lingkungan sekitar. Tentunya kita akan mencontoh beliau untuk menjadi al amin yaitu menjadi orang yang bisa dipercaya untuk menjalankan amanah.

saya punya keyakinan jika masing masing umat islam ini amnah dibidangnya masing masing maka islam akna berubah dengan sendirinya, tidak perlu memikirkan yang pelik pelik, tentang politik, ekonomi, teknologi …. karena nanti semua itu akan mengikuti jika kita amanah. karena memang satu hal yang dibutuhkan yaitu karakter.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.