komunikasi dalam shalat

shalat adalah bentuk komunikasi kita kepada ALlah yang tersusun dan terprogram. susunan komunikasi dalam sholat bukanlah sekedar bacaan seperti buku dan bukan sekedar gerakan seperti dalam senam. setiap komunikasi dalam sholat adalah penyampaian pujian, doa, kesaksian yang kita tujukan, arahkan kepada Allah dengan kerendahan hati. penyampaian tersebut dilakukan dengan hati yang ihlas, tulus. sebab memuji Allah dengan hati yang sombong dan tidak merendah kepada Allah sama saja menghina dan tidak sopan kepada ALlah.
syarat untuk dapat komunikasi adalah dengan sambung dulu kepada Allah, setelah sambung kemudian kita mengkomunikasikan apa yang disyariatkan dalam sholat.
komunikasi yang pas dan benar ini akan menghasilkan respon dari Allah. Allah akan membalas komunikasi ini dengan jawaban jawaban dari ALlah dapat berupa ketenangan, kedamaian, ilham ilham , getaran getaran dan lain lain. respon dari ALllah inilah yang dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar.
untuk dapat berkomunikasi ini gunakanlah keyakinan kita kepada Allah, bhwa Allah mendengarkan, Allah menyaksikan, ALlah menerima doa kita, dan Allah membalas (merespon). sebab keyakinan ini penting agar kita tidak terjebak pada pikiran atau perasaa. sebab Allah hanya dapat dijangkau dengan pikiran maupun perasaan. tapi allah hanya dapat di jangkau dengan keyakinan (iman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *