Konsep Here and Now dalam islam

Adanya waktu sekarang nanti dan kemarin adalah karena pengaruh kita di bumi yang berputar sehingga ada siang dan malam, sekarang andaikan anda berada di luar bumi yang tidak ada siang dan malam maka anda tidak bisa lagi menyebutkan lagi waktu tidak ada kemarin dan besuk yang ada adalah sekarang.

Sekarang mari kita tidak berada lagi di bumi berarti hidup anda akan berada pada dimensi sekarang bukan lagi kemarin dan besuk.

dalam islam kita akan hidup kekal ketika kita sudah terbebas dari bumi, artinya kalau kita nanti sudah mati maka hidup kita akan abadi , kata abadi ini juga menjadi bukti akan tidak adanya waktu. Kalau ada waktu pasti ada akhirnya atau ada awalnya. Islam selalu menyampaikan bahwa hidup kita akan abadi kelak di akhirat. Kita di surga tidak akan berakhir kalau di akhirat (naudzubillah) itupun juga kekal abadi.

sekarang mari, meski kita masih hidup di dunia kita loncat pada keadaan tidak ada ruang dan waktu (here and now), surga itu kapan dan neraka itu kapan? maka surga itu adalah sekarang dan neraka juga sekarang. Kalau kita mendapat surga dunia sekarang maka psati kita akan mendapat surga akhirat karena akhirat dan dunia tidak bisa dipisahkan lagi dengan waktu … sekarang dan nanti.. yang ada adalah sekarang.

kenyataan ini akan memaksa anda untuk mencari keadaan bahagia kapan? ya sekarang, tidak bahagia nanti di akhirat (karena akhirat juga sekarang).

keadaan sekarang dan disini juga membuat kita akan lebih bisa menentukan keadaan keadaan yang kita kehendaki. Mau bahagia atau mau sengsara… dan tidak ada alasan lagi ..biarlah sekarang sengsara nanti di akhirat bahagia.. Tapi kalau anda memahami bahwa bahagia itu nanti di akhirat, maka anda akan mendapatkan kehidupan anda dan akan membiarkan hidup anda sekarang ini sengsara dan kalau anda masih berpendapat bahwa ada nanti bahagia maka anda akan tertitpu.

barang siapa mencari dunia maka tidak akan mendapat akhirat, berarti anda berorientasi pada waktu yaiu nanti tapi jika anda berpedoman bahwa barang siapa mencari akhirat maka dunia dapat berarti kita berorientasi pada saat sekarang dan disini. Orang yang berorientasi sekarang dan disini pasti akan beribadah shalat puasa dan lainnya. Ibadah itu adalah sekarang untuk sekarang karena ibadah sendiri adalah kebahagiaan. Kalau ada orang yang ibadah tapi terpaksa (tidak ihlas) berarti bukan berorientasi akhirat dan ini pasti neraka.

maka saya mengajak diri saya sendiri untuk dapat menerima bahwa tidak ada ruang dan waktu yang ada adalah hari dan sekarang. ibadah saya ya surga saya kapan ya sekarang dimana ya disini. ibadah saya tidak untuk nanti tapi untuk sekarang karena akhirat yang berupa surga adalah sekarang.

baik beberapa dari anda pasti ada yang bingung dengan artikel saya ini…. by pass saja tidak perlu di pikir bigit bingit.. hehe salam ramadhan…

4 thoughts on “Konsep Here and Now dalam islam

  1. bgmn cara nya spy kita bahagia dg ibadah kita…utk sy pribadi klo sholat sulit sekali nyambung ke Alloh..pikiran sering liar… gmn Pak Pur… tolong utk pencerahannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *