kuwalat

kuwalat atau kualat, atau malati…. adalah suatu istilah yang hampir mirip dengan hukum karma karena berbuat tidak baik kepada seseorang yang berjasa. misalnya memarahi orang tua, memaki maki guru spiritual, atau yang lainnya. akibat kuwalat biasanya berakibat fatal dan dampaknya jangka panjang, dan kejadiannya bisa langsung atau berjangka waktu (tidak langsung). cerita kuwalat yang paling keliahtan adalah ceritanya si malin kundang yang berbuat tidak baik kepada orangtuanya.
islam mengajarkan kita untuk menghormati orang yang sudah berjasa kepada kita, bahkan kita disunahkah untuk cium tangan. jangan membandingkan ilmu atau jasa yang telah dia berikan dengan mungkin perbuatan yang tidak baik yang pernah beliau perbuat. lebih kita diam dari pada kita menjelek jelekan beliau. apalagi jika orang yang berjasa tersebut sudah meninggal…. kalau saya contoh seperti Gus Dur, walau beliau tidak ada hubungannya dengan saya tapi saya merasakan pencerahan pencerahan yang beliau berikan dapat membentuk suasana di negara ini lebih sadar…. dan kesadaran negara ini … mempengaruhi diri saya…. terlabih lagi dari sisi berpikir saya banyak mencontoh kebebasannya dalam berpikir dan berpendapat, serta easy goingnya jika menghadapi masalah. jadi beliau adalah guru saya,,, sehingga saya tidak berani untuk “ngrasani’ negatif ….
untuk mari kita hormati guru kita, orang tua kita, ustad kita yang telah membentuk kita lebih baik.

0 thoughts on “kuwalat

  1. Tapi Gusdur pernah kuwalat dg aturan politik semisal AD ART PKB, TAP MPR yg dilanggarnya. Hukumannya lengser dari Presiden dan diserobot PKBnya.

  2. kuwalat itu karena kejhatanya pada orang lain atau mahluk lain,yg tidak pada tempatnya seperti menganiaya seseorang atu binatang,juga bisa kualat,contoh kita menyiksa pembantu sampai bonyok,lalu kita menyiksa kucing dg memberi cabe pada matanya,tiba2 kita mersakan pedas pada mata kita, sampai buta, ini hukuman Alloh yg scara langsung di limpahkan supaya kita merasakan pedihnya cabe yg kita kasihkan ke mata kucing tadi,lalu orang2 menyebut kualat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *