lanjutan pengalaman di malaysia

orang orang Malaysia jauh dari perkiraan kita disini (Indonesia) mereka sangat ramah dan sangat menghargai ilmu orang orang Indonesia. Termasuk sangat menghargai ilmu sholat yang saya bawa ini. Mereka lebih antusias dan lebih menghargai, Dan itulah yang membawa mereka memiliki pengalaman yang cukup luar biasa dalam menjalankan sholat, setelah mengikuti bengkel atau pelatihan sholat khusyu.
Kendala bahasa yang menjadi factor utama dalam menyampaikan materi ternyata tidak menghalangi transfer of learning spirituality melalui sholat ini. Hal ini dapat terlihat dari respon ketika saya ajak silatun dan ketika mereka menceritakan pengalaman pengalamannya melalui email. Ini menjadi pelajaran utama bagi saya bahwa kesungguhan peserta lah yang telah membuka hati dan pikiran, bukan keahlian trainer , kalau trainer yang paling penting mungkin keihlasan dalam menyampaikan sehingga dapat menembus jiwa dan ruhani peserta.
Peserta tidak hanya datang dari Malaysia saja namun ada juga yang dari Thailand dan dari singapura. Mereka rela berjalan jauh dan dengan ihlas mengikuti pelatihan sholat khusyu yang diadakan di 2 negri yaitu negri penang dan Selangor.
Sampai hari ini sudah banyak email yang masuk memberikan testimony positif dan berkeinginan untuk mengikuti pelatihan dan akan mengajak sahabat sahabat yang belum pernah mengikuti. Bahkan di negri penang ada seorang guru yang sudah merencanakan bulan juli untuk mengadakan pelatihan.
Sungguh kebahagiaan yang luar biasa jika pelatihan pelatihan yang diadakan dapat bermanfaat bagi sahabat sahabat saya di Malaysia.
Pelatihan pertama di Malaysia saya mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada DR Azhar yang telah memfasilitasi saya untuk dapat hadir di negeri tetangga malaysia, kemudian marliyana dan sukri yang telah menyambut ketika turun dari bandara penang, sedang di Selangor saya ucapkan terimakasih kepada Pak Zairo dan Kartina massakirang yang telah menjemput di bandara Kuala lumpur. Tanpa mereka kegiatan sholat khusyu di Malaysia tidak akan dapat berjalan.
Kemudian juga saya ucapkan terimkasih kepada seluruh pesertayang dengan antusias dan penuh perhatian mengikuti acara dari jam 9 hingga 5.30 meski dari sisi bahasa masih meraba raba apa maksud yang saya sampaikan.
Pelajaran yang paling berharga untuk saya adalah pelajaran ihlas dalam menyampaikan.. karena saya bisa paham makna ihlas … sampai di rumahpun ihlas itu masih harus saya bawa Karena ada suatu hal yang membuat saya harus tetap pada posisi ihlas…. Dan saya yakin bahwa keihlasan ini berdampak pada para peserta, saya yakin pasti Allah akan berbuat ….lebih dari apa yang saya perkirakan. Saya Ingat dengan wejangan ust Abu .. ihlas dan tunggu … Allah akan mengatur semua yang kita ihlaskan……

0 thoughts on “lanjutan pengalaman di malaysia

  1. smga sepulang dr nagri Jiran tambah manteb ngulang ngaji tambah sabar..dan istiqomah nderk tuntunan dawuh Gusti Allah lan Rosulluloh..gampang lan berkah rejeki ingkang toyibah.

  2. assalamualaikum…wbt
    😉 seharusnya kita di malaysia harus berterima kasih sama bapak…THANX A LOT ya…semoga lanjutan pelatihan ini bisa dikembangkan ya…insyaALLAH..;’)

    ~~up to you~~

  3. Pak Pur,kita tdi brtemu d pngajian BRI. Bagi2 dong makna dan hikmah ikhlas yg pak Pur dpt d Malaysia. Karena utk ikhlas sy harus terus dan terus belajar. Nuwun.!

    • ya bu intinya ihlas adalah tidak menggantungkan selain pada allah, tidak boleh bergantung pada uang, teman atau yang lainnya segalanya allah bu, dan apa yang kita lakukan harus karena allah… nah untuk belajar kita sama sama belajar..

  4. se7 pak pur, bahkan kl qt ingat robi’ah al adawiah yg krn takut ibadahnya bukan krn Allah SWT beliau akan mbakar surga jk ibadahnya cm ingin msk surga dan akan memadamkan api neraka jk ibadahnya krn takut msk neraka, na’udubilah, smoga qt smua tmsk hamba2 yg muhlashin amien

  5. salam, alhamdulillah,indah banget dpt bicara lewat email,
    kok tekan aja terus sampai……….
    pastinya lebih indah jika bicaraku bisa sampai Allah sepantas itu…..
    tapi, diri masih lemah,
    perlu byk mujahadah buat mengikis karat2 dosa yang menyesakkan dada…
    masih bertatih buat mencapai full kyusyuk…..
    alhamdulillah, tq Allah, hambaMu ini dgn cintaMu sentiasa berusaha untuk memperbaiki diri…….
    Ya Allah, kurniakan kami mata hati yang dapat
    membaca ayat2 mayaMu yang terbentang………
    subhaanallah

    • allah yang membukan dan allah yang membersihkan hati kita dari dosa. tinggal kita berserah diri kepada allah. dan kita ihlaskan semua yang ada dalam diri kita semoga kita mendapatkan ampunannya, aminn

  6. SalamUstaz ,
    Saya sangat bersyukur kepada Allah kerana berpeluang mengikuti pelatihan solat kusyuk Di Puchong 26/4. Ilmu yang ustaz sampaikan sangat bermakna buat saya. Selepas membaca buku Abu Sangkan(2008) saya mengharapkan dapat mengikuti pelatihan solat ini. Alhamduliiah akhirnya keinginan saya dimakbulkan oleh Allah di tanah air saya sendiri

    • salam
      alhamdulillah… semoga allah memberikan kemudahan bagi kita dalam meningkatkan kualiti sholat kita

  7. Salam…

    Terima kasih diatas pengkongsian ilmu & pelatihan yg diberikan semasa kursus di Puchong tempohari. Ianya amat bermakna bagi diri saya yang masih mencari. Di harap Pak Setiyo dapat meneruskan perjuangan ini dengan tabah. All the best!.

  8. Salam buat ustaz,

    Terima kasih di atas ilmu yang disampaikan sewaktu kursus di Puchong.banyak perkara yang saya pelajari dalam mencari khusyu’ didalam solat.Alhamdulillah,dengan penjelasan yang mudah difahami..kini saya sedar khusyu’ itu mudah didapati.Syukur kepada Allah kerana memberi kesempatan kepada kita dipertemukan dalam majlis ilmu sebegini.

  9. ha…. alhamdulillah, dijadwal kelihatan patrap akan sampai ke kota kinbalu sabah… berhajat betul saya nak pegi….saya mengenal patrap secara online tahun 2005… nasihat (wajengan?) Ustad Abu Sangkan dalam website saya praktikan, walaupun tak selalu , hanya jarang-jarang, alhamdulillah , berkenan Allah memberikan FAHAM dan sedikit FEEL tentang banyak persoalan2 tentang Tuhan, yang sebelum ini saya tidak tahu….

    • alhamdulillah, salam kenal pak syahran…. kapan kita bisa belajar patrap bersama di kinabalu?

  10. Assalamualaikum..wbt..Pak Pur,
    Alhamdulillah, teramat syukur sekali diberi kesempatan dan keiizinan oleh Allah, kerna dipertemukan dalam majlis ilmu serta latihan solat khusyuk di Pusat Integriti KL tempohari.

    Terimakasih yang terhingga juga kepada pihak penganjur & staf serta Pak Pur.

    Semoga segala perkongsian ilmu dari Pak Pur dan Dr Azhar tetap terus subur di jiwa dan
    dipraktik dalam kehidupan…insyaAllah
    pokoknya ‘ikhlas’!
    Moga ketemu di lain waktu..wassalam

    • alhamdulilah , waalaikum salam wr wb, semoga ilmu ini tersebar dan dapat di praktekan dengan mudah. salam

  11. salam pak ustaz…sy dr kota kinabalu, sabah, malaysia…sy sgt tertarik dgn pendekatan yg di gunakan dlm pelatihan solat khusyuk.

    kapan yah pelatihan akan diadakan di sini?

    • sabah dengan serawak? insya allah 17 18 ada di serawak… kalau tidak di uitm shah alam tarikh tersebut masih konfirm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *