Latihan Niat, sesi terakhir di BPR Antar Rumeksa

Niat bukan bacaan namun suatu perbuatan, lebih tepatnya perbuatan mental yang menyertai sebuah perbuatan. perbuatan mental ini seperti halnya perbuatan fisik artinya bisa kita kuatkan bisa kita lemahkan. latihan niat ibarat latihan fisik juga yaitu dengan berolahraga mental setiap hari. apa bentuk olahraganya … pake patrap… patarap satu merupakan olahraga mental yang dapat menggembleng seseorang bermental tangguh dan tidak mudah tergoyahkan. sikap keukeuh saat menuju ke Allah nantinya akan berpengaruh secara langsung terhadap niat atau keinginan yang muncul.

tipe tipe orang yang keras terhadap keyakinannya merupakan bentuk dari hasil patrap 1. sebagai misal ketika seseorang memiliki keinginan maka segala cara ditujukan untuk mencapai keinginan tersebut, karena keinginannya dilandasi niat yang kuat dan dibentengi dengan keyakinan akan keberhasilan keinginan tersebut.

sholat harus menggunakan niat, sholat yang tidak pake niat (baca : terpaksa) biasanya kosong tidak ada kekuatannya apa apa, dan sangat mudah sekali terstimulasi oleh lingkungan, suara bising sedikit saja sudah mengacaukan pikirannya, lupa sudah rakaat ke berapa, tengok kanan tengok kiri dan menunjukkan sikap sholat yang malas.

niat di dalam sholat harus disesuaikan dengan gerakan dan bacaan sehingga terjadi kesatuan gerak bacaan jiwa dan ruh. inilah yang menjadi target dalam setiap pelatihan yaitu peserta dapat merasakan bersatunya unsur dalam dirinya menjadi satu gerak yaitu gerak sholat.

dari 4 kali pertemuan di BPR Antar Rumeksa  ini beberapa peserta alhamdulillah dapat memahami makna silatun, serta dapat membedakan antara konsentrasi merasakan dan sadar. tiga hal ini memang ditekankan dalam setiap pertemuan terutama pertemuan kedua dan ketiga karena inilah inti dari pengajaran sholat khusyu yakni kemampuan menenangkan tubuhm fisik, jiwa dan ruh.

Pak Meddy sebagai shohibul Bait diakhir pertemuan ini agar seluruh peserta dapat mengisitiqomahkan apa yang sudah di dapat dalam pelaithan ini dan dapat mengikuti palatihan sholat khusyu halaqoh, yang diadakan di masjid Al Hadi karanganyar. sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *