lebih mudah belajar sholat khusyu dari pada meditasi

anda para pencari ketenangan dan kebahagiaan hidup baik yang sholat maupun tidak sholat, saya sarankan untuk belajar sholat yang khusyu, dari pada belajar meditasi. bukan masalah meditasi itu tidak termasuk ibadah, atau bukan masalah bahwa meditasi itu bukan ajaran islam, namun saya melihat dari sisi kepraktisan dan sisi percepatan dalam pencapaian kebahagiaan.

setalah saya pelajari dari cara meditasi dan cara melakukan sholat yang khusu ternyata lebih simpel dan praktis yang sholat khusyu. jika sholat khusyu kita langsung bisa meditasi, tapi kalau belajar meditasi prosedurnya banyak dan sulitnya minta ampun. kalau tidak percaya silahkan baca baca cara meditasi yang disarankan oleh para ahli meditator seperti anand ataupun krisnamurti sangat sulit dan bertele tele, tapi coba bandingkan dengan metode sholat khusyu yang caranya sangat simpel, hanya dengan menyambungkan diri kepada Allah kemudian berserah diri, kita sudah mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, asli dan lebih permanen. sedangkan jika anda berlatih meditasi, waktu yang anda keluarkan sangat banyak, harus berulangkali datang karena anda harus mempelajari pikiran mempelajari emosi, mengamati pikiran, mengamati gerak fisik….. dllllll….. bertele tele dan anda belum tentu mampu.

kalau memang yang dicari adalah kebahagiaan kenapa anda harus mengamati pikiran perasaan….. yang caranya bisa berhari hari, berminggu minggu bahkan yang bebal bisa bertahun tahun… saya kira kalau ada cara yang mudah dan praktis kenapa cari cara yang susah dan berbelit belit. cukup dengan anda sambung kan diri kepada Allah dan berserah kepada Nya anda akan mendapatkan kabahagiaan dan semangat hidup yang tiada tara…. tiada banding.

itulah makanya allah mewajibkan sholat…. bukan meditasi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “lebih mudah belajar sholat khusyu dari pada meditasi

  1. makasih atas pencerahannya p.Setiyo….shalat tidak mengunakan pikiran…tapi cukup berserah diri dan mengikuti kemauan Allah…

  2. hmm…..tapi bolehkah saya menyanggah pendapat anda? .setahu saya meditasi itu ada dua macam :
    -meditasi konsentrasi (memfokuskan pikiran pada satu objek)
    -meditasi kesadaran/pengetahuan(mempelajar/memperhatikan/menyadari gerak pikiran,perasaan,jasmani).
    untuk meditasi konsentrasi , syaratnya simpel…pelaksana memiliki sila(moral/kelakuan yang baik),tempat yg memungkinkan utk bermeditasi dan objek meditasi(untuk pemula biasanya berupa nafas kita),dan keinginan untuk bermeditasi …..jadi kita cukup memfokuskan pikiran kita pada nafas masuk dan keluar dari lubang hidung…dan setelah berkonsentrasi beberapa waktu akan terasa hasilnya ……..so,menurut saya meditasi gax selamanya susah,rumit…..yg susah dan rumitnya hanya diri kita sendiri yang membuatnya susah dan rumit…semoga dapat meluruskan dan mencerahkan…._/\_

  3. Bapak, saya muslim. Walaupun masih sering bolong2 sholatnya.. Beberapa bulan terakhir saya mendalami meditasi, belajar berkonsentrasi dan pernafasan. Dalam proses belajar ini saya banyak menemukan pengalaman baru, termasuk merasa lebih dekat dengan pencipta saya.. Pada tahap ini saya sadar bahwa saya sering melalaikan sholat saya, yang sesungguhnya adalah kewajiban.. Saya pikir, jika saya bisa rutin dan konsisten bermeditasi, kenapa tidak dengan sholat.. Sekarang saya berusaha tidak melewatkan waktu sholat dan meditasi pun tetap jalan.. Jika meditasi akhirnya membawa saya menemukan jalan saya kembali dekat dengan Tuhan saya, apa itu juga salah ya pak?

    • meditasi kan cara menenangkan diri, benar bahwa sholat merupakan meditasi dalam islam, jadi Kiki bisa ganti meditasi dengan sholat misalnya berdiri lama, rukuk lama, sujud lama dan semua posisi sholat dilakukan dengan lama sama ketika kiki bermeditasi.

  4. Assalamualaikum…sholat bukan meditasi, sholat adalah gerak dan bacaan yg diturunkan Allah swt sebagai wujud penghambaan dan musyahadah (penyaksian). Bukankah dalam 2 kalimat syahadat memiliki arti aku bersaksi, Jadi jika dalam sholat kita sebagai muslim sadar bahwa kita hanya bersaksi dalam sholat itu sediri. Disaat kita mengucapkan lillahi ta’ala maka sadar lah bahwa gerak sholat itu adalah gerak Allah dan bacaan dalam sholat itu adalah firman2 nya. Sungguh sholat itu adalah penghubung antara penyaksian hamba kepada Tuhannya. Bagi yang merasa muslim saya sarankan tinggalkan trend meditasi. Sungguh jika saudara tahu hakikat sholat maka saudara lebih mengutamakan shalat. Wasalam.

  5. Assalamualaikum, saya muslim, sejatinya…sholat wajib khusyu adalah yang terbaik, pada pelaksanaanya tak mudah untuk mencapai level khusyu, bahkan merasa khusyu aja sebenarnyai tidak khusyu.

    Menurut saya metode meditasi adalah salah satu cara melatih kita hadir di kekinian, yang selama ini pikiran kita pontang panting ke masa lalu…pindah ke masa depan…bahkan hampir JARANG kita hadir disini, dan celakanya terjadi pada saat kita lagi sholat (pikiran melayang kemana-mana….pada umumnya lho) bahkah kunci yang hilang (lupa naro)…pada saat sholat malah inget.

    Metoda meditasi mengajarkan kita FOKUS….dan hakikan khusyu adalah FOKUS pada apa yang sedang kita lakukan.

    Kalau kita sudah lihai fokus di luar sholat apatah lagi pada saat kita sholat, lebih mantap lagi…..dan tentunya jangan pada saat sholat saya kita khusyu…pada saat bersosialisasi dengan yang laih harus khusyu juga….jadi nyambung.

    Wallahualam bissawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *