anda para pencari ketenangan dan kebahagiaan hidup baik yang sholat maupun tidak sholat, saya sarankan untuk belajar sholat yang khusyu, dari pada belajar meditasi. bukan masalah meditasi itu tidak termasuk ibadah, atau bukan masalah bahwa meditasi itu bukan ajaran islam, namun saya melihat dari sisi kepraktisan dan sisi percepatan dalam pencapaian kebahagiaan.

setalah saya pelajari dari cara meditasi dan cara melakukan sholat yang khusu ternyata lebih simpel dan praktis yang sholat khusyu. jika sholat khusyu kita langsung bisa meditasi, tapi kalau belajar meditasi prosedurnya banyak dan sulitnya minta ampun. kalau tidak percaya silahkan baca baca cara meditasi yang disarankan oleh para ahli meditator seperti anand ataupun krisnamurti sangat sulit dan bertele tele, tapi coba bandingkan dengan metode sholat khusyu yang caranya sangat simpel, hanya dengan menyambungkan diri kepada Allah kemudian berserah diri, kita sudah mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, asli dan lebih permanen. sedangkan jika anda berlatih meditasi, waktu yang anda keluarkan sangat banyak, harus berulangkali datang karena anda harus mempelajari pikiran mempelajari emosi, mengamati pikiran, mengamati gerak fisik….. dllllll….. bertele tele dan anda belum tentu mampu.

kalau memang yang dicari adalah kebahagiaan kenapa anda harus mengamati pikiran perasaan….. yang caranya bisa berhari hari, berminggu minggu bahkan yang bebal bisa bertahun tahun… saya kira kalau ada cara yang mudah dan praktis kenapa cari cara yang susah dan berbelit belit. cukup dengan anda sambung kan diri kepada Allah dan berserah kepada Nya anda akan mendapatkan kabahagiaan dan semangat hidup yang tiada tara…. tiada banding.

itulah makanya allah mewajibkan sholat…. bukan meditasi