lumrah kalau diluar golongan saling mengkafirkan

sudah banyak terjadi terutama di indonesia ada banyak mazhab, golongan, aliran, dan yang mereka di luar mazhab atau golongan …. mereka saling ejek dan saling menyalahkan.
belum dewasanya mental beragama ini tentunya menjadi keprihatinan kita, ditengah dakwah agama lain yang menyerang agama kita, kita malah bertengkar ini bidah, ini salah dan itu sesat …. yang akhirnya menjadikan energi kita habis ngurusi itu semua.
ketenangan dalam islam memang tidak dikehendaki oleh kebanyakan orang, mereka yang mengaku paling benar dan paling islam selalu saja bikin masalah di dalam islam (jangan jangan ini antek anteknya orang yang benci islam)….
orang belajar ingat kepada Allah di salahkan, orang belajar sholat dengan baik disalahkan… orang ingin baik dilarang bahkan dikatakan sesat…
pengkafiran diluar golongan akhirnya lumrah dan tidak menjadi masalah… lakum dinukum waliyadin… pokoke iki aliran ku yo aliranku aliranmu yo aliran mu.

4 thoughts on “lumrah kalau diluar golongan saling mengkafirkan

  1. Salam !
    Kita semua memang perlu intropeksi, dan mengkaji kembali tujuan kita memeluk agama.
    Banyak diantara kita terjebak dalam “sarana” untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Pencipta, yang pada akhirnya malah menjauhkan kita dari tujuan agama itu sendiri diturunkan.
    Kalau kita menilai orang lain, tentunya orang lain juga berhak menilai diri kita, kita menyalahkan golongan lain, golongan lain juga berhak menyalahkan golongan kita.
    Aliran kita, kita pandang paling benar, yang lain juga bisa berkeyakinan alirannya paling benar.
    Dan tentunya semua punya dasar untuk menyatakan itu benar, ini salah , itu sesat, ini lurus dan sebagainya.
    Tapi kalau dasar penilaian itu diambil dari keyakinannya masing-masing, kapan bisa ketemu?
    Memang benar Allah mengijinkan kita memerangi musuh kita yang memerangi kita, tapi apa benar Allah memerintahkan untuk mencari musuh ?
    Monggo kita renungkan kembali tujuan kita memeluk agama.
    Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *