Mahalnya sekolah tidak menjadi ukuran : prediksi sekolah negeri pada tutup “SWASTANISASI SEKOLAH NEGERI”

Pendidikan adalah hal terpenting bagi orang tua, meski tidak bagi anak,  ya karena anak belum paham tentang hal ini. Saking entingnya pendidikan untuk anak, orang tua berani mengeluarkan biaya besar untuk yang satu ini, bahkan sebagian besar orang tua berpedoman bahwa orang tua kerja siang malam hanya untuk anak, hanya untuk pendidikan anak.

Gratisnya sekolah negeri ternyata membuat orang tua semakin tidak percaya dengan pendidikan di sekolah negeri. Pemahaman yang gratis pasti tidak bermutu masih sangat melekat dan susah untuk dihilangkan. sehingga menggratiskan sekolah sama saja membunuh sekolah itu sendiri.

Kita lihat saja fenomena di indonesia di manapun, perkembangan dan pertumbuhan sekolah swasta meningkat dan mendapatkan minat yang tinggi di kalangan orang tua murid.

Gaji guru yang tinggi dengan model sertifikasi ternyata juga tidak mampu mendongkrak kualitas negeri untuk dapat bersaing dengan swasta. Mungkin ini disebabkan guru guru yang sudah tua, yang sangat lambat mengikuti perkembangan teknologi dan mengikuti perkembangan psikologis anak.

di tambah dengan sistem zonasi yang babat habis sekolah favourit negeri maka semakin terpuruklah sekolah sekolah negeri.

isu isu akhlak juga menjadi ketakutan orang tua untuk mensekolahkan anaknya di sekolah negeri. Remaja bebas, pergaulan kurang terkontrol menjadi momok tersendiri bagi orangtua yang akan menyekolahkan anaknya di sekolah negeri. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pengalaman masa lalu orang tuanya, dimana memang sekolah negeri pendidikan agama sangat minim dan ahlak di nomorkan sekian. Meski untuk saat ini sekolah negeri tidak sepenuhnya sama seperti yang ia perkirakan.

singkat cerita, jika sekolah negeri tidak ada perubahan mindset pendidikan maka bisa diprediksi mereka akan tutup, trend sekolah dasar di beberapa tempat sudah banyak tutup dilain pihak sekolah swasta menjamur……

selama guru negeri tidak memindset amanah anak didiknya, dengan terus berpikir bahwa mendidik adalah mencari uang dan uang, maka tidak perlu saya doakan sekolah negeri akan kurang diminat dan akan tutup bahkan akan dibeli swasta. tidak menutup keumgkinan sekolah negeri berpindah ke swasta. ya swastanisasi sekolah negeri

2 thoughts on “Mahalnya sekolah tidak menjadi ukuran : prediksi sekolah negeri pada tutup “SWASTANISASI SEKOLAH NEGERI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.