Makna Ihlas dalam bersedekah

semua perbuatan harus diiringi dengan niat, dan niat harus ihlas. Niat yang ihlas dalam setiap perbuatan adalah karena Allah bukan karena yang lain. Seperti dalam sedekah ini maka ihlas dalam hal sedekah artinya adalah bersedekah karena Allah, berapapun jumlahnya. Baik Jumlah kecil atau besar ketika itu karena Allah maka itu sudah termasuk ihlas. Demikian pula dengan berat atau ringat dalam bersedekah ketika itu karena Allah maka sudah dikatakan ihlas. jadi bukan kalau sedekah terasa ringan itu ihlas kemudian terasa berat itu tidak ihlas, bukan seperti itu.

Pengertian ini dapat memotivasi kita untuk bersedekah sampai hati kita merasa berat. Merasa berat ini kalau karena Allah tetap dikatakan ihlas. sekarang bagaimana mengatasi rasa berat itu agar menjadi obat bagi diri kita, caranya adalah dengan memberikan sedekah itu untuk Allah … jadi ada makna hakiki yang ada dalam sedekah.

dengan cara yang demikian maka sedekah kita semakin berat sedekah akan semakin membawa berkah yang lebih besar. jangan bersedekah untuk mendapatkan berkah dari sedekah kita misalnya dengan berekspetasi untuk mendapatkan lipatan uang dari jumlah yang kita dapatkan, karena ini akan membuat sedekah kita tidak ihlas karena Allah.

اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ (١٩)

Allah Maha Lembut tadbirNya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihanNya) kepada hamba-hambaNya; Ia memberi rezeki kepada sesiapa yang dikehendakiNya (menurut peraturan yang telah ditetapkan), dan Dia lah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa.
(Syura: 19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *