makna Uzlah

makna uzlah adalah mengasingkan diri dari keramaian. ketika kita duduk dzikir maka kita beralih dari dunia luar masuk ke dunia dalam. Jadi uzlah ini secara fisik dia menyendiri tidak bergerombol bersama orang lain, kemudian masuk ke dalam diri sendiri. Dalam diri inilah seseorang bisa bertemu dengan Allah sang pencipta yaitu di alam kesadaran akan keTuhanan. Sadar Allah berarti bertemu dengan Allah. Uzlah jika diartikan lagi meninggalkan dunia (termasuk kelompok) menuju kepada Allah Sang pencipta.

Uzlah merupakan sunah Rasulullah dimana beliau juga melakukan uzlah sejak masih usia muda. Beliau sering naik ke gua Hira untuk melakukan uzlah.

kita sebaiknya juga melakukan ulah seperti apa yang dicontohkan Rasulullah dengan memilih tempat uzlah tersendiri. tidak harus gua tempat mihrab pun cukup untuk beruzlah.

uzlah bukanlah pengajian. Uzlah adalah  bentuk ibadah sendiri tidak bersama orang lain, tidak bersama ustad, tidak bersama kyai … uzlah hanya sendiri bersama Allah SWT.

jika anda uzlah maka kesadaran akan Allahlah yang paling utama, maka saya sarankan untuk menggunakan dzikir nafas sebagai alat untuk beruzlah, dengan dzikir nafas ini anda akan merasakan kesadaran akan Allah dan anda bisa berinteraksi dengan Allah SWT.

uzlah-pentingkah-3-728

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *