makrifat dengan rahman rahim

pengakuan akan allah dalam segala hal merupakan pendakian spiritual yang tiada bertepi, inilah makna dari samudra makrifat tiada bertepi. pengakuan bisa diartikan juga dengan kesadaran semakin kita mengakui allah maka semakin kita sadar akan adanya allah, dan semakin nyata pula allah bagi kita. mengenal allah bukan dengan cara yang sulit, semisal puasa berhari hari, dzikir beribu ribu jumlah atau amaliah lain yang memberatkan, letak makrifat terletak di kesadaran yaitu pengakuan akan allah dalam segala hal dengan segala sifat sidat allah yang dimiliki.

contoh kasih sayang allah begitu kita rasakan maka daya kasih sayang itu akan menyusup dalam setiap tubuh hati pikiran dan jiwa kita sehingga kita merasakan suatu keadaan yang sangat dalam hanyut dalam kasih sayangnya. rasa inipun bisa kita sebarkan ke seluruh alam dan jagad raya.

0 thoughts on “makrifat dengan rahman rahim

  1. Ass Pak Setiyo

    Salam Kenal pak , saya mohon penjelasanya mengenai aplikasi /bentuk pengakuan yang bagaimanakah yang mengantarkan kita berma’rifat kepada Allah , dan mengenai puasa Apakah puasa bukan merupakan jalan / sarana juga yang bisa mangantar kita kepada Allah seperti yang di contohkan Rosulluloh (puasa senin kamis ).
    Mohon maaf bila ada salah kata,
    wassalam
    arjunadi

  2. waalaikum salam. salam kenal juga mas Arjunadi / bapak ya?… langsung saja ya mas.. semua amal ibada bisa menjadi sarana untuk bermakrifat.. asal tidak terjebak pada sarananya, amal ibada adalah sarana dan sarana adalah alat bukan tujuan. termasuk juga puasa.. puasa adalah sarana dan bukan tujuan maka dengan puasa ini kita sadar bahwa kita menjadi mahluk ruhani yang mengharamkan segala yang di halalkan ini level makrifat dengan puasa… hal ini pun berlaku juga untuk dzikir, baca quran dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *