malam jumatan 28 des 07

pemahaman makrifat memang bukan milik sekelompok golongan… golongan sufi, golongan tarekat, golongan tua… atau golongan golongan tertentu… makrifat adalah wajib bagi setiap muslim yang berkeinginan untuk beribadah berkomunikasi kepada allah. bagaimana mungkin beribadah namun tidak mengenal yang di ibadahi.

sudah saat nya paradigma lama di rubah dengan kemauan untuk belajar dan menjalani ilmu makrifat.

forum malam jumatan kali ini akan membahas pentingnya kita mengenal allah. mengenal dalam artian bukan kita mengenal dzat nya karena sampai kapanpun kita tidak akan bisa pepatah jawa.. tan keno kinaya ngapa.. bahwa allah tidak bisa di cerna dengan upaya apapun.  mengenal allah adalah mengetahui kedudukan kita, kesadaran akan diri kita sendiri. kesadaran akan diri ini lah sebenarnya kita makrifat kepada allah. dengan mengetahui kedudukan kita di hadapan allah secara otomatis kita mengenal betul akan allah kita. jadi bukan dibalik.. kita mengetahui allah baru mengetahui diri kita. pepatah lagi man arafa nafsahu faqod arafa rabbahu.

kesadaran akan diri akan membawa kepada sikap kesaksian akan hakikinya allah, inilah salah satu tujuan diciptakannya kita yaitu untuk menjadi saksinya allah bahwa kita menyaksikan seluruh kekuasaan allah.

bagiamana dengan ibadah yang kita lakukan sekarang? ibadah adalah salah satu bentuk paksaan yang dilakukan oleh allah kepada kita agar kita mau belajar sadar akan allah. sholat misalnya, sholat ada lah suatu kewajiban yang diturunkan dari allah agar manusia mau berdoa, tunduk, dan memujinya.. karena hanya dengan paksaaan inilah diharapkan manusia akan sadar dengan dirinya.

untuk itu marilah kita sambungkan diri kita kepada allah.. berusahalah mendekat dan jangan pernah berpikir allah seperti apa. berusahalah untuk mendekat .. asyhadu ala illa ha ilallah .. wa asyhaduanna muhammadar rasulullah… terus sambungkan sambungkan lagi … jangan pernah berpikir getaran …. pusatkan kehendak pada pendekatan kepada allah… mendekat .. lebih dekat lagi.. lebih dekat lagi…

teruskan dzikir ini dengan terus mengingat allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *