manusia tanpa kehendak dan usaha

kehidupan ini sudah allah yang atur, kita tidak perlu kehendak apalagi usaha… terus bagaimana kita merubah nasib kita… cukup dengan yakin kepada allah saja yang dapat merubah nasib kita. tukar nasib … cukup dengan yakin bahwa allah menukar nasib kita maka jadi.. dan ini bukan wilayah kehendak terlebih usaha.. yakin itu bukan usaha .. yakin adalah sebuah ketetapan dalam hati.. dari sinilah nanti kita akan di kehendak kan oleh allah akan di usaha kan Allah.. dan kita tinggal mengikuti dan mengikuti…

0 thoughts on “manusia tanpa kehendak dan usaha

  1. hati2 lho pak……wah bisa2 kita terjebak pada kehidupan yang apatis dong. diem aja tanpa gerak kehendak,tanpa keinginan,tanpa cita2….wah hidupnya jadi gak lebih hidup….memang pasrah dan yakin itu mutlak perlunya, namun kita tetap harus bergerak….tapi sadar bahwagerak kita jg merupakan capurtangan dari Allah jg…saya yakin bahwa hal ini akan memunculkan intuisi/ilham yang datang tiba2 yang akan mendukung gerak kita tersebut.nah kita tinggal mengikuti saja intuisi/ilham2 yang muncul tersebut. mekaten pak nyuwun pangapunten saderengipun.nuwun.

  2. Berada dalam realitas tidak mengaku memang tak semudah membalikkan telapak tangan mas. Apalagi berada dalam kehendak-Nya. Mengikuti Mau-Nya.
    & untuk sampai bisa ikut itu lho, mbo ya dijelasin dulu, biar saya yang bodoh ini bisa kecipratan ilmunya mas Pur

    • tidak perlu ciprat2an pak… santai saja….kalau masih sulit.. di pass saja…. karena saya sendiri juga tidak bisa menciptakan keadaan itu…

  3. Allah sudah nenetapkan jalan hidup kita….semua sdh tertulis dalam kitab yang nyata…dan dalam hal ini kita harus YAKIN Bahwa ALLAH TDK PERNAH MEMBUAT DIRI KITA CELAKA….KITA LAH YANG SERING MENCELAKAKAN DIRI KITA SENDIRI…dengan KETIDAK PATUHAN kita sama Allah,Ego,nafsu yang diumbar,serba tidak puas,pengin selalu di nomor satukan sombong dll…padahal yang boleh sombong hanyalah Allah semata….yg pantas di nomor satukan hanyalah Allah semata….jadi tidaklah mengherankan kalau jalan hidup kita tersebut akhirnya menggok….nah kalau sudah begini manusia akhirmya tidak myaman dengan hidupmya..dan berpendapat kalau nasibnya buruk…(akhirnya aku paham juga apa yang dimaksud ama pak pur di atas).

  4. mengikuti dengan hati yg pasrah,dan rela….tidak boleh protes…karena kalau protes akan mudah sekali ditembus iblis.sesungguhnya ada 5 hal yang membuat kita tidak bisa di tembus iblis yaitu :
    1.pasrah ama kehendak Allah
    2.sabar menjalani hidup
    3.ikhlas menerima apa yang terjadi
    4.bersyukur atas segala ketetapan Allah
    5.memaafkan segala keadaan yang terjadi(atau sedang berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *