maqom bukanlah tingkatan

belajar mendekat kepada Allah dalam sufi umumnya di kelas kelaskan, atau ada tingkatannya, orang sering salah mengartikan maqom berarti tingkatan seseorang belajar mendekat ke Allah, bahwa tingkat A lebih tinggi dari tingkat B, maqom A lebih tinggi dari maqom B. Maqom bukanlah tingkatan namun maqom adalah wilayah, tempat. dan tempat tidak menunjukkan suatu kedudukan tingkat tertentu.
jadi untuk belajar mendekat ke Allah untuk bisa berada (bukan mencapai) maqom tertentu maka orang sering berlatih dan bermujahadah, dan jika sudah didapatkan harus sering dikunjungi tempat tersebut atau tidak beranjak kemana mana sebelum mahir betul.
maqom adalah semacam skill atau ketrampilan… dan itu tidak menunjukkan bahwa dia dekat Allah apa tidak…. sebab orang kafir pun bisa berada pada wilayah wilayah tersebut. sebagai gambaran lagi makrifat pun bisa dijangkau karena skill tapi ada makrifat tapi maksiat…. artinya bermakrifat tapi tidak tunduk kepada Allah.
jadi maqom bukanlah tingkatan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “maqom bukanlah tingkatan

  1. Alhamdulillah..tiap hari dapat siraman rohani yg selalu mengingatkan atas semua kekurangan saya. Mudah2 an Pak .pur tdk bosan dan selalu dlm Lindungan dan Bimbingan Allah SWT. AMIEN…

    • terimakasih doanya Bu Agus….demikian pula dengan keluarga Ibu semoga Allah memberkahi amin

  2. salam. Apa yang dimaksudkan dengan patrap itu. Maaf pak , saya dari Malaysia, kurang faham dengan sesetengah bahasa yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *