materi halaqoh 2 Juni 2008

HUBUNGAN SHOLAT DENGAN TUGAS KEKHALIFAHAN

Seorang duta besar mesti memahami apa yang harus dilakukan di negara dimana dia ditugaskan, dia harus selalu menjalin koordinasi, berkonsultasi dan tunduk patuh terhadap Negara yang diwakilinya. Demikian pula halnya dengan sholat, dimana kita berhubungan, berkonsultasi dan menyerap apa kemauan Allah terhadap kita. Seperti Silatun yang merupakan kesambungan kita kepada Allah. Kesambungan ini nantinya berguna untuk menjaga kita dari melencengnya tugas yang kita emban. Kemudian dalam sholat Ada juga ikrar yang berupa bacaan iftitah dan tasyahud, yang berguna sebagai penguatan hati dan mental sehingga menjadi khalifah yang kuat dan tangguh. Adapula doa yaitu ketika duduk diantara dua sujud, doa ini nantinya menjadi energi yang terus mensuplai kekuatan kekuatan ilahiah pada diri kita sehingga apapun tugas kita dapat terlaksana dengan baik. Sebagai contoh : untuk tugas kekhalifahan menyekolahkan anak mesti butuh biaya nah dalam doa iftirasy ada doa minta rizki, nah ketika kita menyadari bahwa menyekolahkan anak sekedar mewakili Allah dan kita minta kebutuhan sekolah kepada Allah maka otomatis Allah akan memenuhinya.
adi pada intinya bahwa sholat merupakan sarana penting bagi kita untuk bisa menjalankan kekhalifahan dengan baik.
Dan masih banyak lagi kaitan antara sholat dan tugas hidup sebagai khalifah ini.
emikian materi singkat ini semoga bermanfaat bagi kita semua amin.

Tips Sholat : berdiri dalam sholat

erdiri dalam sholat harus memperhatikan unsur keseimbangan tubuh. Kenyamanan dalam berdiri ini sangat ditentukan oleh lebar sempitnya kaki, oleh karena itu seimbangkan tubuh dengan mengatur jarak lebarnya kaki. Ukuran yang standar untuk lebar kaki adalah, lebar kaki selebar bahu kita.
Setelah kaki, seringkali bahu tidak relaks, maka ketika berdiri kendorkan bahu sehingga tidak tertarik keatas. Namun relaks luruh ke bawah
elanjutnya adalah muka dan leher. Leher jangan terlalu menunduk karena akan menyebabkan leher depan tertekan. Untuk muka buat serelaks mungkin dahi jangan berkerut, tidak perlu serius santai saja shingga muka lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *