Meluruskan pemahaman Ajaran Patrap

Ajaran patrap bukanlah ajaran muter muter, atau melakukan gerakan yang tidak teratur…. inti ajaran patrap adalah bagaimana kita bisa sambung ke Allah kemudian bersikap sopan dan santun (khusyu dan khudu) dihadapan Allah. Sikap sopan dan santun ini tidak hanya ketika berlaith saja namun dalam kehidupan sehari hari. Sesepuh Patrap bapak Haji Samet Utomo selama saya mengamati dalam kebersamaan dengan Beliau, beliau selalu menjaga sikap BerkeTuhanan. Misalnya ketika beliau Tidur … Pernah beliau Tidur di Rumah saya yang bantalnya berada timur sehingga kaki beliau mengarah ke kiblat, Beliaupun memindahkan bantalnya di barat sehingga kaki beliau berada timur. Sehingga tidur beliau tidak mengarahkan kaki beliau ke barat (kiblat). itu adalah contoh sederhana dari beliau, tentunya belum lagi sikap sikap lainnya seperti misalnya dalam tidur selama saya mengamati beliau berpakaian rapi, rambutpun disisir dengan rapi.

 

Jadi kalau ada yang mengatakan patrap adalah kegiatan muter muter jelas itu adalah anggapan yang salah. Saya memahami patrap adalah ajaran ber adab kepada Allah SWT. Satu ajaran yang selalu saya ingat dari guru saya adalah sebagai patrapis pantang untuk mengeluh apalagi protes kepada Allah. Misalnya, Kenapa nasib saya tidak baik, kenapa Allah selalu memberikan ujian kepada saya…..

 

Patrapis (orang yang belajar patrap) mendapat didikan ketat untuk selalu mengikuti dan menyadari Allah, didikan patrap itu ada di  patrap gerak. Di  dalam patrap gerak seorang murid (yang belajar patrap) harus merelakan dirinya memasrahkan dirinya di dihadapan Allah.  ketika seorang belajar patrap gerak dimana Allah membuat tubuhnya berputar seperti thawaf dengan kecepatan yang sangat cepat pada saat itu ada dua plihan melawan Allah atau mengikuti Allah? dalam patrap seorang murid harus dan wajib mengikuti gerakan thawaf yang sangat cepat tersebut. Pelajaran mengikuti gerak ini menjadi pelajaran penting agar murid bisa menerima semua ketentuan dan kehendak Allah tanpa banyak tanya, mengeluh apalagi protes apalagi melawan.

 

Sekali lagi fokus ajaran patrap tidak terletak pada patrap geraknya karena itu hanya sebagian dari cara menyadari dan mengikuti kehendak Allah saja, patrap yang terpenting adalah bagaimana kita bersikap kepada Allalh, bersikap dengan adab dengan benar. semoga tulisan singkat ini dapat meluruskan nniat kita dalam belajar patrap, dan meluruskan pandangan yang salah terhadap patrap.

alfatihah untuk guru kita Bapak haji Slamet Utomo ….

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Meluruskan pemahaman Ajaran Patrap

  1. menjadi orang yang selalu sadar ke Alloh adalah dambaan setiap insan…dan salah satu caranya adalah latihan patrap gerak… yang menjadi pertanyaan saya apakah perempuan bisa melakukannya pak…? terima kasih

  2. ass. Pak ustad kalau saya ingin beli buku tapi hanya satu ya dikrim? saya domisili di smg, apa ada perwakilan disemarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *