sebenarnya bukannya tidak cocok, tapi tidak kompatible.. eh sama saja ya…, memasuki wilayah spiritual ibarat memakan najis yang diharamkan oleh mereka yang fiqh minded. saya mendapat banyak laporan dari jamaah sholat khusyu bahwa halaqoh sholat khusyu adalah jamaah yang mengajarkan kesufian, tasawuf, ajaran tasawuf adalah sesat + haram + masuk neraka. yah kira kira itulah klaim yang ditujukan. lanjutnya kalau mau sholat ya sholat biasa saja lah.. ndak usah neko neko.

wilayah spiritual bagi mereka adalah suatu jalan menuju kesesatan, karena kalau sudah masuk kewilayah ibarat masuk dalam jurang yang tiada ujung. wah… kalau sudah begini berat memang… saya juga tidak tahu.. apanya yang salah dengan ilmu tasawuf.. apanya yang salah dengan para sufi… sampai sampai mereka getol mendakwahkan bahwa pelajarannya haram. terus… bagaimana ya dia belajar tentang khusyu.. ya..

saya juga sempat menyaksikan sholatnya orang yang fiqh minded, tentunya saya menilai dengan gaya dan penampilan busana serta model raut muka nya, yang pada umumnya rata rata mereka memliliki kesamaan. saya menyaksikan bagaimana mereka sholat … apa tidak sadar kalau Allah ada di dekatnya ya… (ini sekedar suudzan saja… moga moga tidak demikian .. amin)