membangun sistem

sebuah ajaran akan lebih awet jika ada sistem. Rasulullah pun membuat sistem bagiamana agar islam ini awet sampai akhir zaman, ini kalau pandangan sebatas manusia, kalau Allah pastinya sudah merancang agar islam sampai akhirn zaman. Dalam ajaran dzikir nafas sadar Allah ini maka saya pun akan membuat sistem, agar sistemnya bisa awet sampai akhir zaman maka saya ikatkan dengan sistem yang sudah dibangun rasulullah. Bagaimana cara mengikatkatkannya yaitu mengikuti apa yang sudah diajarkan rasulullah.

Dakwah seharusnya lebih fokus pada sistema dari pada jamaah atau umat atau manusia. Dengan membangun sebuah sistem maka jangkauannya akan lebih luas. Kalau kita fokus pada jamaah maka tidak akan berkembang atau sulit berkembang. sistem jaman now yang harus dikembangkan berprinsip pada bagaimana sebua ajaran dapat di jangkau dari manapun , dipelajari oleh siapapun dan mudah di praktekan serta langsung berdampak. maka cara satu satunya adalah dengan menggunakan media internet.

selanjtnya adalah mengenai kecepatan dakwah harus mengikuti ilham yang turun. ilham turun dakwahkan. Seperti jaman rasulullah ketika wahyu turun maka segera tulis atau segera siarkan, berarti kalau sekarang ketika ada ilham turun maka segera dakwahkan melalui youtube atau media on line lainnya. jadi seorang dai harus mampu untuk mensegerakan ilham agar cepat tersebar.

kalau ingin berkembang sebuah ajaran maka fokusnya pada sistem ini tidak pada jamaah.