Membayar Hutang dengan Uang

banyak orang yang ingin membayar hutang tidak dengan uang misalnya dengan sedekah, dengan doa dengan banyak beramal bahkan ada yang dengan wirid wirid, dengan puasa, dengan pergi ke dukun dan lain-lain. Hidup di alam logis seperti sekarang ini tentunya kita ingin menyelesaikan masalah dengan yang riil riil saja dan yang logis logis saja. Untuk apa kita membayar hutang dengan sedekah kalau hutang juga tidak lunas lunas…. membayar hutang dengan hutang lebih parah lagi…

ok lah membayar hutang dengan doa atau lainnya tapi coba lihat adakah keimanan kita kepada Allah , kebanyakan orang tidak melihat hal ini di sangkanya dengan banyak berdoa dan wirid , doa dan wiridlah yang akan menyelesaikan hutangnya…. jelas ini adalah kesalahan orang melakukan doa dan wirid yang mengakibatkan doa dan wiridnya tidak membuahkan hasil. Seharusnya doa dan wirid bukan yang menyelesaikan hutang tapi Allahlah yang menyelesaikan hutang, keyakinan seperti ini tidak bisa di rekayasa atau dipaksakan, jika memang tidak yakin kepada Allah maka jangan terlalu mengandalkan doa dan wirid untuk menyelesaikan masalah.

jika sama sama tidak yakin kepada Allah sebaiknya bayarlah hutang dengan uang bukan dengan doa wirid, sedekah atau yang lainnya. selain cara ini lebih praktis, mudah, dan logis. membayar hutang dengan uang lebih mengikuti sunatullah dari pada membayar hutang dengan doa ataupun wirid jika memang kita begitu yakin dengan Allah.

selamat membayar hutang dengan uang……..