Membedakan Hidayah dan Nafsu

jelas beda mana nafsu dan mana ilham yang baik dari Allah. pertama cara membedakan adalah kita lihat asal keadaan tadi (hidayah atau nafsu). jika hidayah itu diterima melalui Ruh dan jika nafsu diterima melalui jasad. Semua baik itu hidayah dan nafsu semua bersumber dari Ilham, baik itu ilham nafsu maupun ilham hidayah. jika ilham nafsu maka akan mempengaruhi Aql, mempengaruhi Qolb dan jiwa dan semuanya, demikianpula ilham hidayah (ilham baik) maka juga akan mempengaruhi semuanya.

pengertian ini tentunya akan memudahkan kita membedakan mana yang hidayah dan mana nafsu. ketika kita bingung menentukannya maka tinggal kita pisahkan diri kita dengan jasad maka akan terlihat jelas yang mana nafsu dan yang mana yang bukan nafsu kita. manfaat lain lagi jika kita memahami benar konsep ini maka kita akan dengan mudah keluar dari ilham jahat atau ilham nafsu. sehingga untuk menjadi baik itu nantinya akan semudah menjadi jahat. kalau biasanya orang mengatakan bahwa untuk menjadi baik itu lebih susah dan untuk menjadi jahat itu lebih mudah maka dengan konsep ini paradigma tersebut berubah yaitu menjadi baik semudah menjadi jahat.

cara yang paling praktis untuk membedakan jahat dan baik, atau mau keluar dari jahat ingin baik adalah dengan sujud dengan berserah diri total, nanti akan nampak oh ini baik dan oh ini jahat lalu tinggal kita pilih saja atau tinggal dimasuki wilayahnya saja mau baik atau jahat.

______________________________________

info pelatihan bahagia dengan sholat

kursus sholat bahagia dengan sholat

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *