memberanikan diri untuk menghilangkan ego

Langkah langkah spiritual harus berani saya lalui termasuk yang satu ini yaitu menghilangkan ego. Dalam perjalanan ego yang sekarang saya latih masih “ndlap-ndlup” artinya kadang saya bisa menghilangkannya kadang ego muncul lagi. Nah sekarang ini saya menulis dengan menghilangkan ego saya. Saya berusaha menulis tanpa ego, saya menulis dari apa yang muncul dalam pikiran dan yang saya rasakan.

ternyata ketika ego tidak ada keberanian dan kenekatan meningkat, rasa khawatir hilang, malas pun lenyap. Tidak mudah memang bisa menghilangkan ego, karena dibutuhkan keterlatihan secara terus menerus dan tidak putus asa. dan yang paling penting adalah mau berlatih sesuai dengan kemampuan.

dalam latihan ini jika saya dalami terus menerus saya akan lebih peka dan akan lebih mampu untuk lebih sadar dengan sekitar.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 thoughts on “memberanikan diri untuk menghilangkan ego

  1. Asslamu’alaikum.
    Saya adalah salah seorang mahasiswa bapak di fakultas psikologi ums. setelah membaca beberapa tulisan dalam web ini, saya tertarik untuk bisa belajar lebih dalam lagi. semoga diperkenankan.
    sekaligus saya ingin menanyakan:
    1. seperti apakah pengertian “aku”(ego) menurut bapak dan bagaimana cara mengenalnya?
    2. bagaimana tahapan2 menghilangkan “aku” (ego) dalam diri kita, mungkin dimulai dari tahap2 sederhana?
    2.

    • waalaikumsalam
      ehmmm, sudah pernah ikut perkualiahan saya di psikologi islami? saya menguraikan detil tentang who am I di mata kuliah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *